JK Bilang Megawati dan Suami Pernah Tak Saling Bicara Gegara Jokowi

Jokowi-dan-megawati-di-rakernas-pdip.jpg
(Foto: Dok. Agus Suparto)

RIAU ONLINE - Wakil Presiden RI ke-2, Jusuf Kalla (JK) mengungkap bahwa Presiden Megawati Soekarnoputri dan mendiang suaminya, Taufik Kiemas, pernah tak saling bicara, gara-gara Presiden Jokowi.

JK menyebut aksi diam itu terjadi saat ia merekomendasikan Jokowi sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Ia menilai Jokowi sebagai sosok yang rendah hati.

"Saya lihat waktu ia (Jokowi) memerintah di Solo dan pernah sama-sama di seminar, ini orangnya rendah hati, low profile, dan dia juga bisa memimpin satu kabupaten/kota," kata JK seperti dilihat dari kanal Youtube Abraham Samad SPEAK UP, dikutip dari Suara.com, Senin 29 Januari 2024.

Menurut JK, Megawati pada akhirnya bertentangan pilihan politik dengan mendiang suaminya.


"Dan luar biasa ibu Mega. Ia bertentangan pak Taufik Kiemas. Sehingga satu bulan ia (Megawati) tak bicara karena memilih (Jokowi). Jadi pengorbanan ibu Mega itu luar biasa untuk pak Jokowi," cerita Jusuf Kalla.

Abraham Samad kembali menegaskan bahwa Megawati dan Taufik Kiemas tak saling bicara selama 1 bulan karena Jokowi.

"Jadi sebenarnya pak Taufik Kiemas itu tak mau Jokowi yah?" tanya Abraham Samad.

"Dia (Taufik Kiemas) sudah punya piliha lain. Pak Fauzi Bowo. Saya mendengar itu kemudian yah. Sehingga saya menyesal sekali mempertentangkan ibu Mega dengan pak Taufik (Kiemas)," jawab JK.

JK secara pribadi meminta Jokowi untuk maju sebagai calon Gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2012. JK pun meminta dukungan Megawati, yang awalnya tampak masih ragu.

Saat itu, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, juga turut melobi PDI Perjuangan agar bersedia mendukung Jokowi sebagai calon gubernur karena membutuhkan 9 kursi lagi untuk mengajukan calon gubernur.

Jokowi kemudian berpasangan dengan Basuti Tjahaja Purnama alias Ahok hingga mampu menang Pilkada 2012 mengalahkan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli.