Banjir Bandang dan Longsor Terjang Nagari Surian Solok

Longsor-di-solok.jpg
(ANTARA/HO-Diksominfo Solok)

RIAU ONLINE, SOLOK - Banjir bandang hingga longsor menerjang sejumlah daerah di Nagari Surian, Kecamatan Lembah Gumanti, Kebupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), setelah diguyur hujan dengan intensitas sangat tinggi.

Kepala Satuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, Irwan Efendi, mengatakan banjir bandang dan longsor yang dikarenakan hujan lebat menyebabkan infrastruktur jalan terputus dilanda material banjir.

BPBD Kabupaten Solok langsung ke lokasi terdampak bencana di Jorong Kayu Manang, Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok.

“Kami sudah turun ke lokasi, pendataan sudah dilakukan, termasuk yang terdampak,” ujar Irwan.


Irwan mengatakan banjir bandang terjadi di Sungai Kayu Manang, Nagari Surian, pada Rabu, 20 Desember 2023, malam.

Sementara menurut catatan BPBD, sejumlah infrastruktur yang mengalami kerusakan di antaranya Jembatan Bagiek, Jembatan Batu Panjang, dan Jembatan Taluek Batuang, yang menghubungkan Koto Tinggi - Sapan.

Selain itu, kerusakan ringan juga dialami pabrik tahu dan sejumlah daerah irigasi hanyut. Namun kata Irwan, lahan pertanian yang tertimbun longsor.

Ia menyebut dua rumah warga di Leriang Kandi Jorong Tambang, Nagari Surian, rusak berat. Rumah tersebut milik Yenti yang rusak berat dan rumah milik Yon dengan fondasi tergerus.

Satu sarana ibadah Masjid Tambang pun dipenuhi lumpur. Dibutuhkan mobil pemadam kebakaran untuk membersihan lumpur.

Irwan mengimbau agar masyarakat setempat tetap siaga banjir mengingat cuaca saat ini masih berpotensi hujan. Khususnya di lokasi rawan banjir bandang agar lebih berhati-hati.(ANTARA)