Kasus Covid-19 Melonjak Lagi, Masyarakat Diimbau Segera Vaksinasi

Vaksinasi-HUT-Bhayangkara.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE - Kasus Covid-19 kembali mengalami lonjakan di sejumlah negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kementerian Kesehatan mengingatkan masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi.

Kasus harian Covid-19 di Indonesia mengalami pertambahan 35-40 kasus. Adapun pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit berkisar 60-131 orang per 6 Desember, dengan tingkat keterisian rumah sakit saat ini sebesar 0,06% dan angka kematian 0-3 kasus per hari.

“Saat ini, kami melihat ada kenaikan (kasus) yang cukup signifikan, diharapkan seluruh masyarakat untuk segera vaksinasi, dosis lengkap maupun booster,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu melalui keterangan tertulis, dikutip dari VOA Indonesia, Minggu, 10 Desember 2023.


Maxi menjelaskan vaksinasi harus dilakukan untuk meningkatkan kembali antibodi dalam tubuh dan mencegah dampak lebih parah maupun kematian akibat Covid-19. Hingga saat ini, vaksinasi dapat diperoleh secara gratis di layanan kesehatan rumah sakit, Puskesmas, atau pos vaksinasi yang tersebar di berbagai daerah.

Meski begitu, Maxi mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan memakai masker dan menjaga jarak untuk mencegah penualran Covid-19. Masyarakat pun diimbau untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan jika mengalami gejala Covid-19 seperti batuk, pilek, dan demam.

“Segera lakukan vaksinasi, jangan ditunda-tunda, karena virus ini cepat menyebar, sehingga dapat sangat berbahaya untuk keluarga maupun orang sekitar,” tambahnya.

Kemenkes menyebut kenaikan kasus COVID-19 didominasi oleh subvarian Omicron XBB 1.5 yang juga menjadi penyebab gelombang infeksi COVID-19 di Eropa dan Amerika Serikat. Selain varian XBB, Indonesia juga sudah mendeteksi adanya subvarian EG2 dan EG5.