Sederet Alasan "Kocak" Firli Ngumpet Usai Diperiksa Polisi: Mobil Hilang hingga Kurang Tidur

Firli-bahuri-ngumpet.jpg
(Suara.com/M Yasir)

RIAU ONLINE - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri akhirnya buka suara terkait dirinya yang diduga menghindari awak media dengan menyembunyikan wajahnya alias ngumpet di dalam mobil setelah diperiksa penyidik Polda Metro Jaya di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis, 16 November 2023.

Firli diperiksa sebagai saksi atas dugaan pemeresaan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Firli memberikan sejumlah alasan dirinya meninggalkan Bareskrim Polri dengan menghindari awak media. Ia mengaku dikagetkan dengan mobilnya yang hilang setelah diperiksa.

"Saya sungguh dikagetkan mengapa kendaraan pribadi saya, saya tidak tahu keberadaannya, dan saya melihat, saya tidak temukan kendaraan tersebut, sehingga seseorang menyampaikan kepada saya untuk meminjamkan mobil pribadinya kepada saya dan mengantarkan keluar dari tempat," kata Firli saat menggelar konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin, 20 November 2023, dikutip dari Suara.com.

Firli tak menampik bahwa saat itu awal media telah menantinya. Namun, ia menyebut dirinya hanya manusia biasa.

"Dengan kesadaran bahwa saya adalah pejabat publik, tetapi juga saya sebagai manusia, terkadang saya butuh waktu untuk jeda, terutama di situasi yang begitu saya anggap situasi abnormal, yang tidak bisa saya jelaskan saat ini," katanya.


"Apalagi sehari sebelumnya saya tidak tidur karena menangani tindak pinada korupsi terkait Penjabat Bupati Sorong," Firli menambahkan.

Selain itu, Firli mengau asing berada di Bareskrim Polri, meski sudah 40 tahun mengabdi di lembaga Polri.

"Saya tentu bertanya kepada diri saya, 40 tahun lama mengabdi di lembaga Polri. Tapi kemarin saya harus bertanya, apa benar saya pernah selama itu mengabdi di sana, dan mengapa markas besar itu terasa asing bagi saya," ujarnya.

Sebelumnya, Firli Bahuri setelah menjalani pemeriksaan, Firli tidak langsung keluar dari Gedung Bareskrim Polri. Ia kucing-kucingan dengan wartawan, diduga Firli hendak menghindari sorotan kamera.

Terlihat beberapa orang diduga ajudan Firli memantau gerak-gerik jurnalis yang telah menjaga beberapa pintu keluar di Bareskrim Polri.

Sekitar pukul 13.36 WIB Firli nampak berada di dalam mobil Hyundai Tucson hitam berpelat nomor B 1917 TJQ.

Firli tampak menutupi wajahnya dengan tas hitam. Momen itu tertangkap kamera sejumlah wartawan dari balik kaca jendela mobil tersebut.

Kericuhan sempat terjadi ketika mobil yang ditumpangi Firli tersebut berupaya kabur dan melindas kaki wartawan foto Tempo.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa, 14 November 2023 lalu. Ketika itu Firli datang dan pergi meninggalkan Bareskrim Polri secara diam-diam diduga untuk menghidari wartawan.