Presiden Jokowi Tunjuk Arif Prasetyo Gantikan Syahrul Yasin Limpo

Arief-Prasetyo-Adi.jpg
((ANTARA/Desca Lidya Natalia))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Presiden Joko Widodo menunjuk Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjadi Plt Menteri Pertanian (Mentan), 

Dalam keterangan yang disampaikan di Istana Negara pada Jumat (6/10/2023), Presiden Jokowi mengemukakan baru menerima surat pengunduran diri SYL dari Sekretariat Negara (Setneg).

"Diberikan kepada saya dari Setneg surat pengunduran diri dari menteri pertanian. Saya terima dan tadi pagi ditindaklanjuti, sudah saya tandatangani juga, penggantinya, masih PLT, penggantinya Pak Arif Prasetyo Kepala Badan Pangan," katanya.

Jokowi mengemukakan, keputusan penunjukan Plt Mentan tersebut dilakukan untuk memudahkan koordinasi

"Ini aja, supaya lebih koordinasi lebih memudahkan. Karena biasanya, kita, Bulog, Badan Pangan, Mentan, itu Menteri Perdagangan itu selalu harus berkonsolidasi aja biar lebih memudahkan," ujarnya.


Sebelumnya, nama Arief Prasetyo Adi sempat digadang-gadang menjadi calon pengganti SYL, saat ditanya wartawan saat itu, ia mengaku tidak mengetahuinya. Sebab, menurutnya, masih banyak tokoh-tokoh yang lebih baik darinya untuk mengsii kursi Mentan setelah ditinggal SYL.

Meski begitu selama ini Arief Prasetyo Adi memiliki rekam jejak sebagai profesional dalam logistik pangan.

Arief Prasetyo Adi sendiri lahir pada tanggal 27 November 1974. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana di Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada tahun 1998.

Setelah itu, Arief melanjutkan pendidikan Magister Teknik di universitas yang sama dan berhasil menamatkan pendidikan S2 pada tahun 2000.

Arief Prasetyo Adi pernah menjabat sebagai Direktur Utama Food Station Tjipinang Jaya untuk periode 29 September 2015 sampai dengan 15 November 2020.

Setelah itu, ia menjadi Direktur Utama di PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) atau Holding BUMN Pangan ID FOOD sejak 16 November 2020.

Kemudian, pada tanggal 21 Februari 2022, Arief Prasetyo Adi dilantik sebagai Kepala Badan Pangan Nasional oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka dikutip dari suara.com