HUT Ke-78 TNI, 3 Jenderal Dianugerahi Penghargaan Bintang Yudha Dharma

Jokowi-beri-penghargaan-ke-jenderal.jpg
(Tangkapan Layar via Suara.com)

RIAU ONLINE - Tiga Jenderal TNI bintang tiga dianugerahi penghargaan berupa Bintang Yudha Dharma. Penghargaan ini diberikan Presiden Joko Widodo dalam perayaan HUT ke-78 TNI di Monas, Jakarta Pusat, Kamis, 5 Oktober 2023.

Adapun tiga perwira tinggi yang dianugerai Bintang Yudha Dharma yakni Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko sebagai Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen (Mar) Markos sebagai Aspotmar Kasal dan Marsda TNI Andi Kustoro sebagai Pangkoopsud II.

Bintang Yudha Dharma merupakan tanda kehormatan yang berikan Presiden RI untuk menghormati dharmabakti seseorang yang melebihi dan melampui kewajibannya selama bertugas.

Pada HUT ke-78 TNI kali ini Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara yang diikuti oleh 4.630 prajurit. HUT ke-78 TNI mengangkat tema TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju'yang akan dimeriahkan dengan penampilan drumband gabungan Taruna Akademi TNI, kelompok Panji-Panji hingga 1 Brigade Gabungan.


Ada pula Parade dan Defile HUT ke-78 TNI Tahun 2023 mengerahkan 4.630 personel pasukan dan 130 Alutsista. Kekuatan Pasukan Upacara Parade nantinya terdiri dari Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk dan Satsik.

Sedangkan kekuatan untuk Defile Pasukan dan Alutsista terdiri dari 1 Yon Drumband gabungan Taruna Akademi TNI, Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI, 1 Brigade TNI AD 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk, 1 Kompi Pasukan Teatical dan pok Pers Veteran (naik kendaraan).

Demo udara juga akan dilakukan pada HUT ke-78 TNI dengan melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara pada 5 Oktober 2023. Demo udara itu di antaranya fly pass pesawat tempur, helikopter dan free fall sebanyak 78 personel.

Selain itu, ada tari helikopter diiringi lagu Gemu Famire dan diikuti Wan TNI dan ibu-ibu sebanyak 300 personel, dan display drumband Taruna Akademi TNI sejumlah 250 personel dan ditutup dengan demonstrasi Kolone Senapan Kolosal sebanyak 678 personel, sebagaimana dilansir dari Suara.com.