PDIP Lirik Gibran Jadi Bakal Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo

Gibran-dan-Ganjar3.jpg
(Via suara.com)

RIAU ONLINE - PDIP melirik Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi cawapres mendampingi Ganjar Prabowo di Pilpres 2024. Hal ini disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto terkait adanya isu Gibran yang ditawari untuk menjadi cawapres untuk Prabowo Subianto.

"Mbak Puan juga menyampaikan ikut melirik juga (Gibran menjadi cawapres)," kata Hasto di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, dikutip dari kumparan, Minggu, 1 Oktober 2023.

Hasto mengatakan PDIP selama ini berhasil menelurkan banyak kader berprestasi, seperti Gibran. Sehingga, kata dia, wajar kader PDIP dilirik banyak pihak.

"Lho kita kan sebagai partai ini kan terus mendorong kader-kader internal melalui gemblengan sekolah partai kemudian penugasan setelah penugasan ada evaluasi, kemudian ada penugasan lebih lanjut lagi kalau dinilai mampu menjalankan ideologi dan platform serta kebijakan strategis partai," kata dia.

"Itu satu proses yang biasa dilakukan sehingga PDIP memiliki pemimpin muda terbanyak kepala daerah muda terbanyak, anggota legislatif termuda yang paling banyak," sambung Hasto.


Hasto menyetut partai sudah menugaskan Ketua DPP Puan Maharani, Said Abdullah, hingga Bendahara Umum Olly Dondokambey untuk berkomunikasi dengan banyak pihak.

"Ya, Mba Puan sudah ditugaskan nanti didampingi Mas Bambang Pacul, Pak Utut, Pak Said Abdullah, dan Pak Olly Dondonkambey, untuk terus melakukan komunikasi politik," tandasnya.

Nama Gibran memang masuk menjadi satu dari sejumlah kandidat cawapres Prabowo yang disebut memiliki kans terbesar di 2024. Gerindra pun disebut menunggu hasil keputusan Mahkamah Agung (MK) terkait batas usia capres-cawapres sebelum menentukan pendamping Prabowo di Pilpres 2024.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo pun mengakui Gibran merupakan representasi tokoh pemuda yang ideal mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

"Saya kira bukan rahasia lagi bahwa Mas Gibran adalah salah satu bakal calon wakil presiden," kata Hashim di Surabaya, dikutip dari Antara, Sabtu, 30 September 2023.

Menurutnya, Gibran mampu melengkapi Prabowo Subianto yang sudah dikenal malang melintang di kancah perpolitikan Tanah Air.