Ogah Disuruh Refleksi, Prabowo Malah Hormat Depan Cermin

Prabowo-dan-Najwa-Shihab.jpg
((tangkap layar))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Prabowo Subianto melakukan hormat kepada dirinya sendir saat bercermin di sesi refleksi dalam program Mata Najwa on Stage "3 Bacapres Bicara Gagasan" di Graha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Selasa (20/9/2023).

Tanpa berbicara sedikit pun, Prabowo hanya memberikan gestur hormat saat bercermin.

Mulanya, Najwa Shihab membuka percakapan dengan Prabowo mengenai masa muda Prabowo. Ia menanyakan apa hal yang diingat Prabowo ketika seusia para mahasiswa yang hadir secara fisik di Graha Sabha Pramana, UGM.

"Pak Prabowo ini sudah di ujung dialog kita malam ini pak dan seperti," kata Najwa.

Prabowo lantas berbicara, "Kalau bisa saya seumur kalian. Saya lebih gembira lagi," ucapnya.

Najwa lantas menanyakan apa yang diingat Prabowo pada masa muda.

"Apa, apa yang bapak ingat waktu umur-umur segini pak?" tanya Prabowo.

"Semangat," jawab Prabowo.

Najwa memastikan kembali jawaban Prabowo dengan bertanya ulang.


"Semangat? Gembira terus waktu itu bapak? Gembira terus?"

"Semangat," jawab Prabowo.

Najwa kemudian mulai memberitahukan adanya sesi refleksi di mana para bakal calon presiden sebelumnya yang hadir juga telah melakukannya, yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Keduanya melakukan refleksi dengan berbicara kepada diri sendiri dengan cara bercemin.

"Karena ini nyambung dengan pertanyaan penutup pak, jadi saya ingin minta bapak Prabowo untuk refleksi. Refleksi atas perjalanan hidup selama ini dan apa bayangan yang akan bisa dijdikan pegangan Prabowo," kata Najwa.

Di sela-sela Najwa menjelaskan, kru program kemudian membawakan cermin ke atas stage. Najwa lantas menegaskan kembali kepada Prabowo tentang sesi refleksi yang dimaksud.

"Ini cerminnya pak, ini cermin. Jadi kalau refleksi itu kami ibaratkan cermin yang.. saya minta Pak Prabowo," pinta Najwa kepada Prabowo untuk bercermin.

Prabowo yang mendengar permintaan Najwa itu lantas berjalan mendekati cermin. Ia menatap cermin dan memberikan hormat. Tidak sepatah kata diucapkan kepada Prabowo.

Gaya Prabowo melakukan refleksi itu seketika membuat mahasiswa yang hadir bersorak. Najwa yang berada di samping Prabowo juga tampak tersenyum, sesaat kemudian ia memgingatkan kembali tentang sesi refleksi.

"Pak.. belum selesai bapak. Saya mau minta bapak berkaca lagi," pinta Najwa kepada Prabowo.

Prabowo kemudian berjalan kembali ke arah cermin. Kali ini, Prabowo hanya menatap cermin tanpa sepatah kata dan tanpa gestur apapun.

"Bapak berdiri di sini, kapan lagi ngerjain menhan kan. Bapak saya ingin anda berefelki Pak Prabowo atas segala hal yang sudah bapak lalui selama ini. Bapak jangan ke mana-mana bapak, refleksinya di depan kaca pak," ujar Najwa sembari meminta Prabowo tidak melangkah menjauhi cermin.

Prabowo kemudian menjawab permintaan Najwa itu dengan menegaskan bahwa dirinya sudah bercermin.

"Udah, udah," kata Prabowo

"Jadi maksudnya bapak di sini sambil berkaca, berbicara pada diri sendiri. Refleksi," ujar Najwa

"Udah, udah, gua udah berkaca. Refleksi kan?" kata Prabowo

"Refleksi bapak," sahut Najwa dikutip dari suara.com