Muda, Dekat dengan Jokowi dan NU, Erick Thohir Paling Cocok Jadi Cawapres Prabowo

Prabowo-dan-Erick3.jpg
(Menhan PrabowLaily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Punya empat kelebihan, Erick Thohir disebut-sebut memilik potensi besar untuk mendampingi Prabowo Subianto dalam kontestasi politik 2024 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda dengan melihat sejumlah latar belakang.

Hanta menjelaskan dari sisi elektoral, Prabowo Subianto membutuhkan empat faktor dari kandidat bakal calon presiden yang akan mendampinginya.

Faktor pertama, seorang cawapres yang komplementer atau berkontribusi secara elektoral, yakni dari sisi teritorial.

"Antara Jawa dan luar Jawa, Prabowo tidak begitu kuat di Jawa Tengah dan Jawa Timur sehingga yang dicari adalah figur yang kuat di wilayah itu, tidak harus berasal dari daerah itu," ungkapnya seperti dikutip Antara.


Kemudian, berdasarkan demografi, sosok bacawapres Prabowo harus memiliki kedekatan dengan pemilih pemula dan pemilih muda atau pemilih milenial.

Sehingga, basis sosiologis pemilih Nahdlatul Ulama (NU) dibutuhkan Prabowo sebagai basis nasionalis.

Bahkan, menurutnya, dibutuhkan sosok seorang kader nahdliyin atau memiliki hubungan cukup dekat atau relasi dengan NU

Tak hanya itu, Prabowo juga dinilai membutuhkan basis dukungan Jokowi. Hal tersebut terlihat dari kedekatannya dengan Jokowi sehingga dibutuhkan sosok cawapres yang memiliki kedekatan dengan Jokowi.

"Kalau kita mau jujur, yang terkuat bacawapresnya Prabowo adalah Erick Thohir," katanya.

Kemudian berdasarkan elektabilitas dari beberapa lembaga survei, Erick Thohir berada di urutan pertama dari sejumlah tokoh nasional.

"Erick dekat dengan kalangan NU di Jawa Timur, memiliki basis pemilih muda, bahkan dekat dengan Presiden Jokowi," ungkapnya dikutip dari suara.com