Pengamat Minta Koalisi Indonesia Maju Hati-hati dengan Partai Demokrat

Prabowo-dan-SBY5.jpg
((Dok. Gerindra))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Koalisi Indonesia Maju pengusung bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto tetap harus waspada dengan Partai Demokrat meski telah menyatakan bergabung.

Hal itu dikatakan analis politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah. Sebab menurutnya, Demokrat kekinian dikenal tak cukup kokoh memegang prinsipnya sendiri.

"Koalisi Indonesia Maju harus berjaga-jaga karena Demokrat sejauh ini tidak cukup kokoh dalam prinsip, bisa saja mereka mengubah tawaran politik yang mungkin akan munculkan polemik baru," kata Dedi saat dihubungi Suara.com, Senin (18/9/2023).

Di sisi lain, ia mengatakan, keputusan Demokrat merapat ke Gerindra terkesan putus asa karena harapan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menawarkan putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke Koalisi Perubahan kandas.

"Karena tidak banyak perubahan yang didapat Demokrat di koalisi baru ini," tuturnya.

Ia menilai juga, keputusan Demokrat bergabung itu terkesan pragmatis, sebab, melihat Prabowo Subianto kekinian lebih berada di atas angin.


"Tetapi, pilihan pragmatisnya ini baik bagi Demokrat, karena dalam paparan survei Prabowo berada pada posisi yang baik dan kuat. Sehingga peluang koalisi menang memang lebih besar," terangnya.

Diketahui, Partai Demokrat dipastikan mendukung bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang langsung menyampaikan dukungan itu di depan Prabowo.

Dukungan disampaikan ketika Partai Demokrat menemui Prabowo serta rombongan partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju.

Berbicara di mimbar, SBY begitu yakin kalau Prabowo akan menjadi presiden di tahun depan.

"Saya yakini dengan izin Allah masa pak Prabowo untuk memimpin kita semua adalah melalui pilpres yang akan datang," kata SBY sebagaimana dikutip Suara.com melalui akun Instagram @amanatnasional pada Senin (18/9/2023).

Dalam kesempatan yang sama, SBY juga mengaku siap turun gunung untuk memenangkan mantan Danjen Kopassus tersebut di Pilpres 2024.

"For you saya siap turun gunung," ucapnya.

Keputusan Partai Demokrat tersebut mendapatkan sambutan baik dari Gerindra maupun parpol Koalisi Indonesia Maju. Ketua Harian Partai Demokrat Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan bahwa dengan bergabungnya partai berlambang mercy tersebut dapat menambah semangat untuk berjuang dikutip dari suara.com