Waketum Golkar Sebut Ridwan Kamil Lebih Cocok Jadi Cawapres Ganjar

Ridwan-Kamil12.jpg
(Suara.com/Bagaskara)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Petinggi Golkar, Melchias Marcus Mekeng menilai Ridwan Kamil lebih menguntungkan jika menjadi bakal calon wakil presiden Ganjar Pranowo ketimbang Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

WaetumKetua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto perlu menyiapkan opsi lain jika tak dipilih menjadi bacawapres Prabowo. Lebih baik menurutnya mendorong Ridwan Kamil menjadi pendamping Ganjar.

"Airlangga harus rasional kalau nggak diambil sama Prabowo, lebih baik dukung RK sama Ganjar agar Golkar tetap dapat porsi di pemerintahan yang akan datang," kata Mekeng kepada wartawan, Kamis (14/9/2023).

"Iya, lebih menguntungkanlah, saling menguntungkan," sambungnya.

Jika dengan Prabowo, Mekeng menilai, Ridwan Kamil sedikit tak diuntungkan lantaran memiliki ceruk suara yang sama.


"Kalau saya ya pribadi, nggak terlalu besar peluangnya. Karena irisan basis massanya juga sama aja, buat apa nggak menambah," tuturnya.

Sementara itu, kata dia, Ridwan Kamil memiliki kesempatan lantaran sudah dipanggil dan bertemu dengan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Terlebih juga Ganjar dan Ridwan Kamil punya basis suara yang saling menguntungkan.

"Ya dia kan sudah pernah dipanggil sama Bu Mega, Bu Mega memanggil orang itu tidak sembarangan, itu satu. Kedua, dia kan mantan Gubernur Jawa Barat, artinya dia mempunyai Dapil yang jelas, Pak Ganjar kan punya Dapil Jawa Tengah, Ridwan Kamil punya Dapil Jawa Barat," tuturnya.

"Jadi kalau lihat hitung-hitungan politik ya, ini sangat menguntungkan," sambungnya.

Untuk itu, Mekeng meminta Airlangga Hartarto selaku ketua umum partai untuk realistis dalam Koalisi Indonesia Maju. Menurutnya, pasti seluruh kader Golkar akan mendukung figur yang memiliki potensi.

"Makanya saya tadi bilang. Kalau Airlangga tidak didukung jadi cawapres ya ngapain juga kita di situ. Pasti di internal Golkar di bawah pun akan lihat kader Golkar lain yang punya potensi, itu mah rasional aja. Itu bisa dites," pungkasnya dikutip dari suara.com