Sukses Jadi Tuan Rumah KTT Asean, Jokowi Tersipu Dipuji Wapres AS

Jokowi-dan-Kamala-Harris2.jpg
(Foto/Setpres)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris memuji Presiden Jokow karena Indonesia dianggap berhasil menjadi tuan rumah ajang bergengsi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. 

KTT ke-43 ASEAN resmi ditutup, setelah digelar selama tiga hari sejak 5-7 September 2023 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat.

Secara tetang-terangan, Kamala Harris menyampaikan apresiasi dan pujian tersebut secara langsung pada Presiden Jokowi. Momen itu terekam dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter atau X @wisnutama pada Kamis (7/9/2023).

"Terima kasih atas kepemimpinan Anda dalam ASEAN tahun ini," kata Kamala Harris, seperti dikutip pada Jumat (8/9/2023).

Kamala Harris mengaku terpukau dengan meriahnya KTT ASEAN 20023, terutama pada malam Gala Dinner yang diadakan di Hutan Kota, Gelora Bung Karno.

Ia mengaku terkesan dengan semua yang disuguhkan, mulai dari makanan hingga atraksi hiburan. Bahkan tanpa ragu, Kamala Harris menyebut nuansa semua itu nyaris sama seperti yang ada di Hollywood, Amerika Serikat.


"Seperti yang telah saya sampaikan semalam, jamuan makan, produksi dan hiburan, hampir melebihi apapun yang bisa ditampilkan Hollywood," puji Kamala.

Mendapatkan pujian yang demikian, Presiden Jokowi terlihat tersenyum dan tersipu malu. Jokowi sedikit tertunduk sambil tersenyum, seakan senang dengan pujian tersebut.

Dalam video itu juga diperlihatkan cuplikan kemeriahan malam gala dinner KTT ASEAN 2023 tersebut, dimana para tamu disajikan beragam atraksi hiburan di atas panggung.

Atraksi tersebut berupa tarian dan nyanyian yang diiringi musik dan penampilan kembang api di angkasa yang membuatnya semakin meriah.

"Jadi saya mengucapkan selamat kepada Anda dan semua yang telah bekerja keras untuk malam yang indah, serta pekan yang baik dan produktif," ujar Kamala Harris.

Ternyata di balik kemegahan yang berujung pada pujian Wapres Amerika Serikat Kamala Harris, ada sosok Wishnutama selaku konseptor acara KTT ASEAN 2023.

Melalui akun Twitternya itu, Wishnutama juga mengucapkan terima kasih pada Presiden Jokowi yang telah memberikannya kesempatan untuk menjadi bagian dari perhelatan acara dalam KTT ASEAN 2023.

"Terima kasih banyak Bapak Presiden @jokowi atas kesempatan, kepercayaan, dan apresiasi kepada kami semua yang terlibat untuk membuat perhelatan KTT Asean 2023," tulis Wishnutama.

Tah hanya itu, Wishnutama juga bersyukur atas pujian yang dihaturkan Wapres Amerika Serikat Kamala Harris.

"Terima kasih banyak Ibu Wakil Presiden Amerika Serikat @vp @kamalaharris atas apresiasinya terhadap kerja keras dan upaya kami semua untuk menyukseskan #kttasean2023 di Indonesia," katanya dikutip dari suara.coma