9 Pj Gubernur Resmi Dilantik, Ini Pengganti Ganjar Pranowo hingga Ridwan Kamil

Pelantikan-9-pj-gubernur.jpg
(Suara.com/Dea)

RIAU ONLINE - Sembilan penjabat (Pj) gubernur resmi dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Pelantikan tersebut sesuai dengan Keppres 74/P/2023 tentang pengangkatan penjabat gubernur.

Ke-9 Pj gubernur yang dilantik tersebut sebelumnya ditunjuk Presiden Joko Widodo. Mereka dilantik menggantikan kepala daerah yang purna tugas terhitung hari ini, Selasa, 5 September 2023, termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai penjabat gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturanya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, negara, dan bangsa," kata Tito yang diikuti oleh para Penjabat Gubernur di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa, 5 September 2023, dikutip dari Suara.com.


Penunjukkan nama Pj Gubernur ini dilakukan Jokowi setelah menjalani rapat bersama Tim Penilai Akhir pada Kamis, 31 Agustus 2023, lalu.

Ini sederet nama Pj Gubernur yang dilantik hari ini:

1. Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin
2. Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana
3. Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin
4. Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya
5. Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun
6. Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake
7. Pj Gubernur Kalimantan Barat Harrison Azroi
8. Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto
9. Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin