Ada Erick Thohir, Airlangga hingga Yusril, Prabowo Pilih Siapa Jadi Cawapres?

Prabowo26.jpg
(Dok Gerindra)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Prabowo Subianto, bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju kini sudah memiliki tiga kandidat cawapres yang akan mendampingi di Pilpres 2024. 

Ini setelah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendadak bermanuver meninggalkan Prabowo, dan memilih menjadi cawapres Anies Baswedan.

Tentu menarik untuk membandingkan rekam jejak 3 nama bakal cawapres Prabowo. Mereka adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Sebagai informasi, Koalisi Indonesia Maju terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar dan PAN. Koalisi gemuk ini diketahui akan berupaya memenangkan Prabowo sebagai Presiden RI di Pemilu 2024.

Lalu, seperti apa rekam jejak 3 bakal cawapres Prabowo? Simak inilah selengkapnya.

Erick Thohir

Ketua PSSI Erick Thohir menjadi nama yang diusung oleh PAN untuk menjadi cawapres Prabowo. Sebelumnya, Erick diketahui belum pernah bergabung dengan partai manapun, sampai akhirnya dipinang PAN.


Erick Thohir sendiri mulai dikenal publik sejak dirinya mengakuisisi klub Liga Italia, Inter Milan pada tahun 2013 lalu. Kala itu, ia menjabat sebagai Presiden Inter Milan.

Namanya kemudian mulai masuk ke pemerintahan setelah dipercaya Jokowi untuk masuk ke Kabinet Indonesia Maju pada 2019. Sejak itu hingga sekarang, Erick Thohir menjabat posisi Menteri BUMN.

Kini namanya masuk dalam bursa cawapres di Pemilu 2024, dengan raihan elektabilitas tertinggi, sekitar 8,0 persen.

Yusril Ihza Mahendra

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra juga masuk dalam bursa cawapres Prabowo. Mantan Menteri Sekretaris Negara ini pun terus disodorkan oleh PBB untuk menjadi cawapres Prabowo.

Namun hingga saat ini, nama Yusril Ihza belum kunjung masuk dalam deretan survei elektabilitas resmi. Meskipun begitu, pihak PBB optimis wakil mereka tersebut memiliki peluang besar untuk mendampingi Prabowo.

Airlangga Hartarto

Tak hanya Erick dan Yusril, nama Airlangga Hartarto juga masuk dalam nama calon cawapres Prabowo dalam Pilpres 2024. Menko Perekonomian Indonesia ini diusung oleh Golkar sebagai cawapres Prabowo.

Elektabilitas Airlangga pun bersanding dengan nama lain versi survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) dalam data bulan April 2023 lalu.

Namun, namanya hanya mendapatkan elektabilitas 0,3 persen dari total suara. Angka itu masih berada di bawah Puan Maharani yang mendapatkan elektabilitas 1,1 persen dikutip dari suara.com