Lombok Utara Diguncang Gempa Bumi 6,5 SR, Warga Berhamburan

Gempa-bumi15.jpg
([Istimewa/BMKG])

RIAU ONLINE, MATARAM-Kabupaten Lombok Utara, Provinsi NTB diguncang Gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,5. Gempa yang kuat ini terjadi sebanyak dua kali pada Selasa, (29/8/2023) pukul 04.02 wita.

Gempa tersebut terjadi Kabupaten Lombok Utara pada titik koordinat 7,56 Lintang Selatan dan 116.45 bujur timur dengan kedalaman 571 Km.

Pada waktu yang hampir bersamaan juga terjadi gempa bumi di Tenggara Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan magnitudo 7,4.

Gempa tersebut terjadi pada titik koordinat 4.38 Lintang Selatan dan 116.90 bujur timur dengan kedalaman 10 Km.


Gempa yang dirasakan masyarakat sebanyak dua kali dengan kekuatan yang berbeda. Beberapa orang berasumsi gempa yang pertama yang terjadi di Kalsel dan terasa hingga Lombok.

Gempa yang diduga susulannya yang terpusat di Kabupaten Lombok Utara sehingga getarannya lebih besar. Karena hingga keluar rumah, gempa yang terjadi masih terasa.

Pantauan media ini, gempa bumi tersebut sontak membuat warga di Lombok Barat berhamburan keluar rumah. Karena masih rasakan trauma gempa tahun 2018 lalu.

"Masih ingat gempa yang dulu itu. Dari kecil hingga besar. Ini aja sudah dua kali tadi," kata seorang warga Narmada, Lombok Barat bernama Nur dikutip dari suara.com