AHY Tersingkir dari Bursa Cawapres Ganjar, Gibran Rakabuming Ditimang-timang

AHY-Gibran-bertemu.jpg
(Liputan6.com/Ahmad Romadoni)

RIAU ONLINE - Sejumlah nama mulai digodok PDIP untuk menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo. Sejumlah nama baru muncul, dan ada nama yang tak lagi dipertimbangkan.

Satu-satunya nama yang tersingkir dari bursa cawapres Ganjar dan tidak lagi dipertimbangkan PDIP yakni Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sementara itu, ada tiga nama baru yang kini mulai ditimang-timang PDIP, yakni Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Gubernur Jawa Barat yang juga kader Golkar Ridwan Kamil.

Yang digodok dan yang kami persiapkan yang kami sebutkan tadi sebagaimana juga Mbak Puan sebelumnya menyebutkan. Ganjar-Gus Imin. Kan ada 7 (nama)," kata Said di Gedung DPR, Senayan, dikutip dari kumparan, Kamis, 24 Agustus 2023.

"Yang pertama itu ada Pak RK, kemudian Pak Erick, kemudian Pak Sandiaga. Ada Pak Mahfud, ada Pak Andika, terakhir ada Mas Gibran yang memang kader kami," sambungnya.


Nama Gibran Rakabuming Raka masuk dalam tiga nama baru melengkapi 4 nama yang sudah sejak awal dipertimbangkan. Yakni Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Menteri BUMN Erick Thohir, eks Panglima TNI Andika Perkasa, dan Menparekraf Sandiaga Uno.

Terkait gugatan batas usia capres cawapres menjadi 35 tahun, Said menuturkan, partainya tidak pernah memikirkan hal tersebut. Mereka fokus memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024.

"Kami tidak pernah selama ini, dan itu perintah ibu ketua umum, tugas kami memenangkan Ganjar dan pileg, karena itu tugas kami maka apa pun yang diluar itu baik perorangan maupun organisasi maupun partai politik yang melakukan uji materi di Mahkamah Konstitusi kami tidak pusing dengan hal tersebut," kata dia.

"Apa pun yang diputuskan MK kita semua harus menghormati itu," tutup Ketua Banggar DPR itu.