Lukas Enembe Diduga Sengaja Berperilaku Jorok di Rumah Tahanan, KPK Dalami

Lukas-Enembe7.jpg
(Gubernur Papua Lukas Enembe saat digelandang ke [Mahasiswa magang/Rayfa Haidar Utomo])

RIAU ONLINE - Mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe, berperilaku jorok di dalam rumah tahanan KPK. KPK pun tengah mendalami adanya dugaan kesengajaan Lukas Enembe berperilaku jorok sebagai tahanan.

"Itu yang sedang kita dalami apakah itu memang (sengaja), atau apakah mungkin beliau itu karena mengidap suatu penyakit," kata Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Asep Guntur, dikutip dari Liputan6.com, Selasa, 15 Agustus 2023.

Asep menjelaskan kecurigaan adanya potensi kesengajaan perbuatan jorok dilakukan Lukas. Sebab, kloset sudah disediakan di setiap sel yang bisa digunakan tahanan untuk buang air. Namun, Lukas justru tak menggunakannya.

"Kalau tempatnya ya, kloset itu kan tersedia dan yang lain juga bisa mandiri. Ya mudah-mudahan beliau bisa lebih menjaga kebersihan," jelas Asep.

Senada dengan Asep, Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, mengaku mendengar aduan penghuni tahanan KPK di Gedung Merah Putih mengenai keluan jorok Lukas Enembe. Lukas dikabarkan berperilaku tidak bersih, seperti sering membuang kotoran semberangan.


"Ya informasi yang kami peroleh, sebagai tindak lanjutnya, pihak rutan telah melakukan pendekatan persuasif,” kata Ali dalam keterangan diterima, Rabu, 9 Agustus 2023.

Ali menambahkan, pihak Ombudsman juga sudah meninjau langsung kondisi Lukas seperti yang dikeluhkan tahanan lain. Menurut Ali, Ombudsman ingin memastikan pelayanan penjaga rumah tahanan terhadap penghuni lainnya saat ini masih dilayani dengan baik.

“Ombudsman juga sudah berkunjung dan dalam kunjungan tersebut kami memastikan pelayanan dan pengelolaan Rutan KPK dilakukan sesuai ketentuan, termasuk dalam pemenuhan hak-hak para tahanan,” yakin Ali.

Ali pun menampik, akibat perbuatan joroknya Lukas kemudian dipindahkan. Dia memastikan, Lukas juga masih berada di dalam rumah tahanan Gedung Merah Putih KPK.

“Ya betul, masih di dalam rutan,” Ali menandasi.

Sebelumnya KPK menerima surat aduan para penghuni rutan di Gedung Merah Putih KPK terkait kebiasaan jorok dari Lukas Enembe. Kelakuan jorok tersebut adalah cuek saat menjaga kebersihan dirinya yang berakibat mengganggu tahanan lain.

Tidak hanya berperilaku jorok, Lukas juga abai dalam menjaga kesehatan dengan tidak mau meminum obat secara rutin. Padahal Lukas kerap mengeluhkan penyakit yang dideritanya mulai dari sakit jantung Hingga stroke.