Sah! Budi Arie Setiadi Jabat Menkominfo Geser Johnny G Plate

Budi-Arie-Setiadi-dilantik.jpg
(ANTARA/Desca Lidya Natalia)

RIAU ONLINE - Budi Arie Setiadi sah menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) setelah dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin, 17 Juli 2023.

Budi Arie Setiadi yang sebelumnya menjabat Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) menggantikan posisi Johnny G Plate yang diberhentikan Jokowi setelah menjadi tersangka kasus korupsi BTS 4G Kominfo.

"Mengangkat Saudara Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024," demikian kata Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti membacakan kutipan Keppres yang ditetapkan pada 17 Juli 2023, dikutip dari Suara.com.

Acara pun dilanjutkan dengan pengucapan sumpah janji yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

"Apakah Saudara beragama Islam?" tanya Jokowi.


"Ya, beragama Islam," jawab Budi Arie.

"Bersediakah Saudara diambil sumpah menurut agama Islam mengucapkan sumpah janji menurut agama saudara?" kata Jokowi kembali bertanya.

"Bersedia," jawab Budi Arie.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI tahun 1945 serta akan menjalankan serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan seluruh-selurusnya demi Dharma Bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," demikian sumpah janji yang diucapkan Jokowi dan diikuti oleh Azwar.

Selain Budi, Jokowi juga melantik Paiman Raharjo sebagai Wamendes. Kemudian Nezar Patria sebagai Wamenkominfo, Pahala Mansury sebagai Wamenlu, Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wamenag dan Rosan Roeslani sebagai Wamen BUMN.