Budi Arie Geser Johnny G Plate Jadi Menkominfo, NasDem: Sak Karepe Jokowi

Budi-Arie-Setiadi-jadi-menkominfo.jpg
(ANTARA/Desca Lidya Natalia.)

RIAU ONLINE - Budi Arie Setiadi sah menduduki posisi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) setelah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin, 17 Juli 2023.

Budi Arie menggantikan posisi Johnny G Plate yang menjadi tersangka kasus korupsi pengadaan BTS BAKTI Kominfo yang merugikan negara Rp 8 triliun. Kasusnya tengah berjalan di pengadilan.

Ketua DPP Partai NasDem, Effendi Choirie atau akrap disapa Gus Choi menanggapi pelantikan Menkominfo yang baru ini. Gus Choi mengatakan NasDem menyerahkan pergantian menteri pada Jokowi. Pihaknya tak mau ambil pusing dengan pergantian menteri itu.

"Ya sak karepe Jokowi lah, kan dia selama ini sudah sak karep-karepe dewe ra, sa karepe, [NasDem] sudah enggak mikirin," kata Gus Choi saat ditemui usai acara Apel Siaga Perubahan, Minggu, 16 Juli 2023, malam, dikutip dari kumparan.

Kendati begitu, kata Gus Choi, NasDem akan tetap berkomitmen mendukung Jokowi hingga pemerintahannya berakhir.

"[Masih di koalisi Jokowi] Masih dong, masih dong, itu komitmen, kita dukung Jokowi ini kan 5 periode, eh sorry 1 masa pemerintahan, ya kan, berarti karena setiap pemerintahan itu eranya, apa namanya tahunnya hanya 5 tahun ya setiap tahun, eh setiap 5 tahun," ujar dia.


"Nah ini kan 5 tahun belum selesai, ya kita dukung sampai akhir, setelah itu dia didukung kok sak karepe dewe ya terserah aja," lanjut Gus Choi.

Ia menyebut partainya akan selalu berkomitmen dan tidak akan berkhianat hingga masa kepemimpinan Jokowi tuntas.

"Yang penting kebaikan kesetiaan komitmen itu ada pada kami, kami tak mau berkhianat, kalau dia mengkhianati ya dia yang berkhianat," tandasnya.

Presiden Jokowi melantik sejumlah menteri dan wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara pagi ini.

Selain Budi Arie Setiadi yang menduduki posisi menteri baru, yakni Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri, Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika.

Kemudian ada Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Roeslan Roesani sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara, dan Saiful Rahmat Wakil Menteri Agama.

Penatikan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 32 M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.