4 Rekomendasi Aplikasi Penjernih Foto Terbaik

Kamera-ponsel2.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Kini, berswafoto dan memfoto objek menggunakan smartphone sudah menjadi kebiasaan dan kebutuhan masyarakat.

Namun, terkadang tidak semua foto yang diambil tampak sempurna. Nah, karena itulah aplikasi penjernih foto hadir dan menjadi banyak digunakan di kalangan pengguna smartphone.

Aplikasi-aplikasi ini menawarkan berbagai fitur dan kelebihan tersendiri dan memungkinkan para penggunanya untuk mengubah foto menjadi lebih jernih lagi.

Banyak aplikasi penjernih foto yang tersedia, pengguna bisa dengan mudah menemukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Pada setiap aplikasi menawarkan alat editing sederhana yang cocok untuk pemula. Ada juga aplikasi yang menyediakan fitur lanjutan bagi para fotografer professional.

Berikut adalah aplikasi penjernih foto yang bisa digunakan oleh para pengguna smartphone.

1. Adobe Lightroom – Photo Editor

Aplikasi pertama yaitu Adobe Lightroom – Photo Editor. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi penjernih foto yang sudah sangat populer dan banyak digunakan secara luas oleh kalangan fotografer professional maupun bagi para pemula.

Adobe Lightroom tersedia di perangkat iOS dan android. Selain itu, aplikasi ini menawarkan juga berbagai fitur dan juga alat editing yang lengkap dan kuat.


Aplikasi ini dapat mengubah foto biasa menjadi karya seni yang lebih bernilai dari sebelumnya. Dari sekian banyak fitur yang ada, salah satu fitur unggulan dari aplikasi ini adalah adanya kemampuan untuk mengatur dan mengoptimalkan berbagai aspek visual dalam foto.

Misalnya seperti kecerahan, kontras, saturasi, dan tingkat kecerahan bayangan dan sorotan. Bagi pengguna sangat mudah untuk menyesuaikan pengaturan ini hanya dengan menggunakan alat geser yang intuitif dan melihat perubahan secara nyata pada tampilan foto.

2. Snapseed

Aplikasi kedua yaitu Snapseed. Aplikasi ini merupakan alat penjernih yang memungkinkan kamu untuk menghilangkan kotoran yang terdapat pada foto. Kotoran ini berupa titik-titik kecil yang bisa saja muncul pada foto.

Penyebab ada noise atau kotoran biasanya terjadi saat foto diambil dalam kondisi cahaya rendah atau menggunakan pengaturan ISO tinggi. Noise ini bisa membuat foto terlihat tidak tajam.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat menghilangkan noise dan meningkatkan kualitas foto secara maksimal. Berikut adalah langkah umum yang bisa kamu lakukan dengan alat penjernih di Snapseed:
• Buka aplikasi Snapseed dan pilih foto.
• Pilih alat penjernih.
• Atur intensitas dan pilih foto.
• Gunakan selektif atau global.
• Selesaikan dan simpan.

3. VCSO: Photo and Video Editor

Aplikasi ketiga yaitu VCSO: Photo and Video Editor. Aplikasi ini memiliki berbagai alat dan filter. Jadi, sangat memungkinkan bagi pengguna untuk mengubah foto-foto mereka menjadi karya seni yang menarik.

Memiliki koleksi filter yang luas dan berkualitas tinggi. Filter-filter yang disedialan sudah dirancang dan memberikan hasil yang membuat estetik dan konsisten.

Jadi, pengguna dapat dengan mudah menciptakan hasil foto visual yang baik. Ada juga fitur untuk mengedit foto. Misalnya seperti pengaturan kecerahan, kontras, suhu warna, dan tingkat kehalusan.

4. Afterlight

Aplikasi yang keempat yaitu Afterlight. Aplikasi ini dikenal karena sederhana dan mudah digunakan. Ada berbagai alat dan efek.
Selain mudah dalam pengunaannya, aplikasi ini juga bisa dengan mudah untuk meningkatkan kualitas gambar yang diambil dari smartphone.

Aplikasi ini memiliki banyak filter, filter yang berjumlah 130 tersebut dirancang dengan cermat untuk memberikan sentuhan menarik bagi foto-foto.
Filter juga mudah di terapkan hanya dengan sekali sentuh dan menyesuaikan kekuatan filter sesuai dengan apa yang diinginkan.