Segini Biaya Upgrade Kaca Spion Tengah Suzuki XL7 Menjadi Smart E-Mirror

Suzuki-XL7-Hybrid.jpg
(SUARA.com/Manuel Jeghesta))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Produk Suzuki XL7 Hybrid hadir dengan sederet perubahan dibandingkan pendahulunya. Salah satunya adalah penyempurnaan e-Mirror Touchscreen menjadi fitur terbaru yang dimiliki.

Berbeda dengan model sebelumnya, fitur e-Mirror yang saat ini tersedia pada Suzuki XL7 Hybrid lebih mumpuni.

Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel menyebutkan, pihaknya melakukan peningkatan fitur atas dasar hasil dari riset pasar.

"Ada beberapa request agar e-mirror ini lebih advanced lagi," katanya di sela media test drive Suzuki XL7 Hybrid di Yogyakarta, Minggu (9/7/2023).

Secara fungsi, spion tengah dengan layar sentuh milik Suzuki XL7 Hybrid dilengkapi dengan kamera depan. Terdapat pula kamera belakang yang dapat termonitor dari layar e-Mirror.


"Jadi untuk fitur baru ini ada e touch mirror, split screen yang menayangkan kamera depan dan belakang secara bersamaan, bisa merekam depan belakang, jam dan tanggal. Bisa capture foto juga. Kecerahan layar juga bisa diatur," jelas Harold.

Pemilik Suzuki XL7 yang tertarik melakukan upgrade rupanya juga bisa melakukannya.

Pembaruan kaca spion tengah dengan e-Mirror Touchscreen bisa dilakukan di bengkel resmi Suzuki dengan harga Rp8,5 juta.

"Pengguna lama bisa upgrade di bengkel resmi. Harganya sekitar Rp8,5 juta tapi belum termasuk jasa pasang," jelas Harold.

Dirinya juga menyebutkan, pengembangan e-Mirror Touchscreen ini sepenuhnya dilakukan oleh tim R&D Suzuki Indonesia. Dan waktu pengembangannya tidak memakan waktu terlalu lama dikutip dari suara.com

"Pengembangan dari kami sendiri. Dan pengembangan yang dilakukan tidak lama, tidak lebih dari setengah tahun," pungkasnya.