PDIP Sedang Atur Pertemuan Megawati dengan Muhaimin Iskandar

Megawati-Soekarnoputri13.jpg
(Dok PDIP)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan ditemui Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Ketua DPP PDIP Said Abdullah berkeyakinan pertemuan Megawati-Cak Imin terlaksana pada Juli ini.

"Kan kelanjutannya Cak Imin insyallah akan menemui ibu ketua umum," kata Said di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (10/7/2023).

Said memastikan keinginan bertemu dari Cak Imin sudah disampaikan kepada Megawati. Hanya saja DPP PDIP memang belum mengagendakan rapat untuk membahas lebih lanjut jadwal pertemuan.

"Nanti kita rapat DPP dilakukan dan ditentukan kapan bisanya, dan waktunya Cak Imin juga, Gus Imin maaf, juga waktunya Gus Imin, maka kita kalau waktunya sudah sama, pertemuan akan terlaksana," kata Said.

Sudah Lapor Gerindra

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah berkomunikasi dengan koleganya di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), yakni Gerindra menyoal pertemuan antara Fraksi PKB dengan Fraksi PDIP di DPR.

Selain pertemuan antara kedua fraksi, PKB juga sudah berkomunikasi dengan Gerindra ihwal rencana pertemuan antara Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Semua terkait dengan agenda komunikasi dengan siapa, ketemu dengan siapa, semua kita konfirmasi ke teman-teman Gerindra, begitupun teman-teman Gerindra komunikasi," kata Wasekjen PKB Syaiful Huda di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (9/7/2023).


Berdasarkan komunikasi yang telah dilakukan, Huda mengklaim Gerindra tidak ada masalah dengan pertemuan Fraksi PKB dan Fraksi PDIP. Respons serupa juga ditunjukan Gerindra menanggapi rencana pertemuan Muhaimin-Megawati

"Nggak masalah si setahu saya, mungkin bisa tanya langusng ke teman-teman Gerindra. Mungkin ada apa, responsnya," ujar Huda.

Huda menegaskan PKB tidak khawatir akan adanya anggapan sedang bermanuver lewat pertemuan dengan PDIP. Ia menegaskan PKB solid bersama Gerindra di KKIR.

"Nggak," kata Huda.

Sementara itu menyoal pertemuan dengan Megawati, Huda mengatakan Gerindra juga menjadwalkk hal yang sama untuk Ketua Umum Prabowo Subianto.

"Setahu saya Pak Prabowo juga sudah sempat dijadwalkan ketemu Bu Mega juga kan, tapi juga belum terjadwal. Ya kalau Pak Prabowo nggak bisa ketemu, Cak imin yang bisa ketemu lah," kata Huda.

Rencana Muhaimin Bertemu Megawati

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tengah merancang pertemuan antara Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Adapun rencana pertemuan itu menyusul pertemuan antara kedua fraksi tersebut di DPR. Termasuk masukan yang disampaikan Fraksi PKB ke Megawati melalui Fraksi PDIP.

Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda masih enggan mengungkapkan apa yang menjadi masukan Fraksi PKB ke Megawati. Menurutnya masukan itu bisa disampaikan ke publik jika antara Muhaimin atau Cak Imin dan Megawati sudah melangsungkan pertemuan.

"Nanti setelah teralisasi pertemuan Bu Mega ke sana Gus Imin," kata Huda di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Huda belum mengkonfirmasi mengenai waktu pertemuan antara Cak Imin dan Megawati. Ia hanya berujar kedua partai sedang mencari waktu yang pas.

"Semakin cepat semakin bagus," ujar Huda.

Sementara itu mengenai masukan dari Fraksi PKB ke Megawati, Huda memastikan bukan terkait ada tidaknya keinginan PKB untuk berkoalisi dengan PDIP dikutip dari suara.com

"Nggak sampai jauh itu (koalisi) yang jelas tapi sudah lama nggak ketemu, sementara Ibu Mega dalam berbagai kesempatan menganggap Cak Imin sebagai anak karena sudah lama pasti menarik sih," kata Huda.