Menteri Eks Panglima TNI Pilihan Jokowi Ini Berpeluang Dampingi Ganjar Pranowo

Ganjar-Pranowo25.jpg
(dokumentasi pribadi/HO)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Nama mantan Panglima TNI Marsekal (purn) Hadi Tjahjanto meramaikan bursa bakal calon wakil presiden (cawapres). Sebelumnya, sudah ada nama-nama  Sandiaga Uno, Erick Thohir, Mahfud MD hingga Ridwan Kamil.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah, Hadi Tjahjanto memiliki potensi dan berpeluang disandingkan dengan bakal capres yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo.

"Hadi Tjahjanto potensial masuk bursa cawapres, meskipun lebih terbatas dibanding kandidat lain, yakni hanya berpeluang bersanding dengan Ganjar," katanya seperti dikutip Antara pada Rabu (5/7/2023).

Dedi mengungkapkan, bahwa hanya Ganjar yang penentuan cawapresnya ditentukan Jokowi atau Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Meski begitu, Hadi perlu bersaing dengan kandidat cawapres lainnya.


"Hadi hanya potensial dari sisi pengusungan Jokowi, itu pun perlu bersaing secara diplomatis dengan Sandiaga Uno, Erick Thohir, Airlangga, dan tokoh lainnya," ucapnya.

Ia melanjutkan, kemungkinan serupa juga berpotensi pada Tito Karnavian. Dedi mengungkapkan, dua nama tersebut, Hadi dan Tito, sama-sama tokoh dekat dan loyal kepada Jokowi.

"Bahkan, semasa belum bergabung di kabinet, dua tokoh itu serupa dalam loyalitas,” kata Dedi.

Masih menurutnya, Hadi yang saat ini menjabat Menteri ATR/BPN bakal sulit mendapatkan perhatian publik. Sebab, kementerian yang dipimpinnya saat ini tidak begitu populer.

Apalagi, Dedi menambahkan, popularitas isu tanah justru secara langsung melekat ke Presiden, bukan ke menterinya.

"Jika dalam waktu terbatas ini Hadi ingin tunjukkan perannya dalam bursa cawapres, perlu ada gerakan radikal dalam kementeriannya saat ini," katanya dikutip dari suara.com