Tip Mencairkan Daging Beku agar Aman Dikonsumsi

Daging-beku.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Hari Idul Adha bisanya setiap keluarga mendapatkan daging kurban. Ada yang langsung dimasak atau dimasukkan ke dalam freezer sehingga masih bisa dikonsumsi hingga beberapa hari ke depan.

Beberapa tip mencairkan daging kurban beku dengan cepat dan higienis bisa Anda cermati di bawah ini.

Pertimbangan cara ini adalah agar daging tidak rusak ketika akan dimasak, sehingga tetap dapat memberikan nutrisi yang dimiliki dan rasa yang lezat.

1. Letakkan di Dasar Kulkas

Setelah dikeluarkan dari freezer, masukkan daging ke dalam wadah dan letakkan di bagian dasar kulkas atau di bagian chiller. Dalam meletakkannya, Anda bisa menjauhkan daging beku dari makanan lain agar tidak tercemar bakteri Salmonella.

Proses ini akan memakan waktu yang cukup panjang, sekitar 24 jam penuh, tapi bisa menjaga kualitas daging tetap prima ketika akan diolah 1 atau 2 hari setelahnya.


2. Menggunakan Air Dingin

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan air dingin. Meski terbilang lebih cepat, tapi harus dilakukan dengan cermat agar daging tidak rusak.

Pertama, bungkus daging dengan kantong plastik, pastikan tidak bocor. Kemudian masukkan ke dalam baskom berisi air dingin dan gantilah setiap 30 menit sekali hingga tekstur daging melunak. Dengan cara ini, sekitar satu kilogram daging bisa dicairkan hanya dalam waktu dua jam saja.

3. Menggunakan Oven Microwave

Cara ketiga yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan oven microwave. Untuk melakukan cara ini, diperlukan wadah yang aman dan tahan panas sehingga tidak pecah atau mempengaruhi rasa dari daging yang akan di-defrost.

Masukkan daging beku ke dalam wadah yang bersih, kemudian tutup wadah tapi pastikan tidak bersentuhan langsung dengan daging. Pastikan juga tidak ada cairan daging yang keluar dari wadah tersebut.

Kemudian klik mode defrosting yang ada pada oven microwave, dan ikuti tata cara penggunaan oven yang dicantumkan. Proses defrosting-nya akan lebih cepat, namun hanya disarankan untuk daging yang akan langsung dimasak setelah di-defrost agar tekstur dan rasa daging tetap terjaga dikutip dari suara.com

Cukup mudah dan praktis bukan tiga cara di atas?

Dengan cara mencairkan daging kurban beku dengan cepat dan higienis yang disampaikan tadi, Anda dapat memperoleh kualitas daging yang tetap prima dengan segala nutrisinya, tanpa harus kehilangan tekstur dan rasa khas daging. Semoga menjadi artikel yang berguna untuk Anda, dan selamat melanjutkan kegiatan Anda berikutnya!