Dapat Beasiswa Indonesia Maju, Segini Biaya Kuliah Putri Ariani di The Juilliard School

Putri-Ariani3.jpg
((Instagram/@arianinismaputri))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Penyanyi disabilitas Yogyakarta kelahiran Riau, Putri Ariani menerima beasiswa untuk mewujudkan mimpinya sekolah di The Juilliard School, New York, Amerika Serikat (AS).

Kontestan America's Got Talent 2023 asal Yogyakarta, baru saja mendapatkan beasiswa dari Kemendikbud Ristek.

Pemberian beasiswa kepada Putri Ariani ini disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim.

Ia menilai, jika bantuan berupa Beasiswa Indonesia Maju (BIM) itu akan membantu Putri karena telah memberikan inspirasi yang sangat luar biasa untuk negara ini.

"Kami ingin mewujudkan mimpi Putri untuk berkuliah di kampus impian Putri, yang seleksinya ketat. Jadi kami akan mendukung penuh lewat Beasiswa Indonesia Maju," ujar Nadiem Makarim.

Program BIM ini juga menyasar siswa kelas menengah atas dan sederajat. Sehingga akan membantu Putri selaku penerima beasiswa mulai dari persiapan dalam memasuki perguruan tinggi hingga persiapan tes.

“Selain beasiswa penuh ketika kuliah nanti, dalam proses pendaftaran Putri ke kampus, persiapan untuk tes juga akan didukung melalui beasiswa ini,” sambung Nadiem.

Lantas berapa biaya kuliah di Juilliard School? Simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut ini.


Mengenal Juilliard School


Berada di Lincoln Center, New York, Amerika Serikat, The Juilliard School of Music adalah salah satu kampus seni terbaik di dunia. Setiap orang yang mempunyai passion di bidang kesenian dan musik pasti memiliki cita-cita ingin belajar di kampus ternama ini.

The Juilliard School of Music pertama kali didirikan pada tahun 1905 oleh Frank Damrosch. Selain musik, The Juilliard School juga memiliki beberapa program, antara lain tari, lukis, dan drama yang juga sangat terkenal di dunia.

Tidak hanya soal usia yang menjadikan The Juilliard School sebagai sekolah yang disegani bagi pecinta musik. Namun banyak alumni Juilliard beberapa kali mendominasi pemenang penghargaan musik besar di Amerika Serikat.

Berdasarkan catatan dalam sejarah, alumi dari The Juilliard School berhasil memenangkan sebanyak 105 Grammy Awards, 65 Tony Awards, 47 Emmy Awards, 24 Academy Awards, dan juga 2 EGOT.

Salah satu penyanyi yang berhasil meraih penghargaan bergengsi tersebut yaitu Barry Manilow. Ia merupakan penyanyi yang sudah berkecimpung di dunia musik selama lebih dari 5 dekade sekaligus pemenang dari Grammy yang pernah berkuliah di kampus ini. Selain itu ada Jessica Chastain, aktris peraih Oscar yang juga merupakan alumni kampus Juilliard.


Biaya Kuliah di Juilliard School

Melansir dari situs resmi The Juilliard School, perkiraan biaya kuliah untuk 9 bulan pertama di tahun akademik 2023/2024 mencapai USD83,892 atau setara dengan Rp1,2 miliar.

Adapun biaya tersebut mencakup untuk keperluan sebagai berikut:

• Biaya kuliah sebesar USD53,300 atau sekitar Rp792 juta.

• Kamar double termasuk makanan sebesar USD21,340 atau sekitar Rp317 juta.

• Asuransi kesehatan pelajar sebesar $3,000 atau sekitar Rp44 juta.

• Orientasi sebesar USD250 atau sekitar Rp3,7 juta.

• Buku, perlengkapan, pengeluaran pribadi sebesar $4,000 atau sekitar Rp59,4 juta.

• Transportasi: $2,002 atau sekitar Rp29,7 juta.

Sebagai catatan, sumber dari biaya pendidikan di Juilliard School ini pun beragam. Dapat berasal dari pembiayaan sendiri, beasiswa, pinjaman siswa, ataupun dari hibah.

Nah itu tadi informasi terkait biaya kuliah di Juilliard School, salah satu sekolah seni terbaik di dunia yang jadi impian Putri Ariani. Semoga bermanfaat dikutip dari suara.com