NasDem Santai Soal Wacana PDIP Bertemu Demokrat

AHY-dan-Puan.jpg
((Instagram @puanmaharaniri))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Ketua DPP PDIP Puan Maharani diwacanakan akan bertemu dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Wacana itu ditanggapi santai Plt Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem, Hermawi Taslim.

NasDem menganggap silaturami antar partai merupakan hal yang baik. Hal itu terlepas dari kepentingan dan pilihan politik masing-masing partai.

"Baguslah sebagai bagian dari silaturahmi kebangsaan. Tokoh-tokoh partai harus terus saling bersilahturahmi terlepas dan pilihan politik masing-masing. Silahturahmi adalah sebuah keniscayaan," kata Hermawi kepada wartawan, Senin (12/6/2023).

Hermawi menyebut, jika Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) yang digagas NasDem, Demokrat dan PKS membangun koalisi atas dasar kepercayaan.

"Kita membangun koalisi atas dasar saling percaya, jadi kita senang-senang saja dengan segala bentuk silahturahmi antar partai," tuturya.

Untuk itu, Hermawi enggan menanggapi secara serius. Ia menilai silaturami merupakan hal yang baik.


"Apa pun motifnya, silahturahmi adalah sebuah kebaikan," pungkasnya.

Puan dan AHY Bakal Bertemu

PDIP dan Partai Demokrat sudah membuka komunikasi lebih dulu, sebelum Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY melangsungkan pertemuan.

Adalah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya yang melakukan komunikasi dengan melangsungkan pertemuan di RM Ayam Berkah Melawai, Blok M, Jakarta. Turut mendampingi Hasto, yakni Wasekjen PDIP Utut Adianto.

Informasi pertemuan kedua sekjen disampaikan Wasekjen Demokrat Jansen Sitindaon.

"Dari informasi yang disampaikan Sekjen kami bang Teuku Riefky, pertemuannya berjalan dengan baik dan hangat. Dan dipertemuan tadi dibahas untuk mengatur waktu yang pas kapan Mas AHY dan Mbak Puan bertemu sambil mencocokkan jadwal masing-masing," kata Jansen, Senin (12/6/2023).

Dalam sebuah foto yang dipublikasikan ke media, tampak Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto duduk satu meja dengan Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya. Keduanya tampak akrab, dalam foto tersebut keduanya juga tampak berjabat tangan erat sembaru tersenyum ke kamera.

Jansen mengatakan, PDIP memahami posisi Demokrat yang sampai hari ini sedang berada di Koalisi Perubahan untuk Persatuan bersama NasDem dan PKS untuk mendukung Anies Baswedan. Sebaliknya Demokrat memahami posisi PDIP yang telah mengusung Ganjar Pranowo.

"Ada juga kesamaan pertemuan Mas AHY dan Mbak Puan nanti akan membahas berbagai persoalan kebangsaan, Pemilu kita yang baik ke depan dan berbagai hal lain tentang Indonesia kita. Jadi bukan sekedar membahas soal Pilpres semata walau tidak dapat dihindari momennya sekarang itu," kata Jansen dikutip dari suara.com