Penyelamatan Dramatis Penumpang KMP Royce 1 yang Terbakar di Selat Sunda

ilustrasi-kapal-terbakar.jpg
(iStockphoto via Liputan6.com)

RIAU ONLINE - Kapal Feri KMP Royce 1 terbakar saat berlayar dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni pada Sabtu, 6 Mei 2023, sore. Ketegangan pun menyelimuti petugas di kapal tugboat (TB) yang turut memadamkan kobaran api serta mengevakuasi penumpang.

Ketika itu, komunikasi di radio antar kapal dan operatornya berjalan normal. Hingga sere, awal KMP Royce melapor adanya kepulan asap di dalam kapal dan meminta pertolongan.

Siaran radio komunikasi itu pun didengar operator radio atau dispatcher PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) di channel 16. Sekitar 14.50 WIB, terdengar kapal Feri lainnya menanyakan kepulan asap di KMP Royce, kemudian operator menjawab bahwa api sedang berusaha dipadamkan.

Selang beberapa lama, sekitar pukul 15.05 WIB, Royce 1 meminta bantuan kepada kapal terdekat untuk memadamkan kobaran api yang kian membesar, serta membantu proses evakuasi penumpang.

"Dispatcher PCM mendengar broadcast VTS, telah terjadi kebakaran di area pintu masuk penyebrangan Feri Merak. Nama kapal KMP Roice 1. Dari AIS, terdeteksi di posisi Lat: 05 - 55.56 LS, Long: 105 - 56.46 BT," ujar Muhammad Willy, Dirut PT PCM, dikutip dari Liputan6.com, Minggu, 7 Mei 2023.


Tugboat milik BUMD Pemkot Cilegon, TB Martha Venture dan TB Martha Green yang berada di Dermaga Indahkiat, serta TB Gunung Santri di Dermaga Krakatau Bandar Samudera (KBS) diperintahkan menuju lokasi kapal terbakar secepat mungkin, untuk menyelematkan penumpang dan memadamkan kobaran api.

TB Martha Venue Toba dilokasi sekitar pukul 15.30 WIB dan segera mengevakuasi penumpang ke Dermaga 3 Pelabuhan Merak. TB Martha Green yang datang menyusul pukul 15.40 WIB memadamkan kobaran api yang mulai membesar. Selanjutnya TB Gunung Santri ikut membantu proses evakuasi lanjutan.

"TB. Gunung Santri mengassist KMP Dorothy agar bisa mengevakuasi penumpang KMP Royce. TB. Gunung Santri juga mengevakuasi tiga crew KMP Royce dari sekoci dan dipindahkan ke kapal patroli. Dokumen kapal dan dokumen kru KMP Royce berhasil diselamatkan dari sekoci," terangnya.

Seluruh penumpang yang di evakuasi oleh tim SAR gabungan dibawa ke Dermaga 1 dan 3 Pelabuhan Merak, untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan penanganan lanjutan oleh tim lainnya. Sedangkan tugboat lainnya terus melakukan pemadaman di KMP Royce 1 hingga larut malam.

"TB. Martha Green melakukan pemadaman sejak pukul 15.45 wib sampai pukul 20.00 wib," terangnya.