Dipuji Jokowi, Ini Profil Veddrig Leandro yang Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing

Veddriq-Leandro.jpg
(instagram Jokowi)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Veddriq Leandro, atlet panjat tebing asal Indonesia mengharumkan nama bangsa dan negara setelah meraih medali emas sekaligus memecahkan rekor dunia pada ajang Piala Dunia Panjat Tebing 2023 di Korea Selatan akhir pekan lalu.

Rekor ini dibukukan Veddriq Leandro pada babak final perebutan medali emas nomor speed putra. Dia sukses menorehkan waktu 5,01 detik untuk menumbangkan wakil China, Jinbao Long, yang mencatat waktu 5,12 detik.

Sebetulnya, Veddriq Leonardo memang sudah terlebih dahulu memecahkan rekor dunia pada gelaran yang berlangsung di Seoul, Korea Selatan itu.

Pada fase kualifikasi, lelaki berusia 26 tahun ini berhasil menorehkan waktu tercepat, yakni 4,98 detik, sekaligus memecahkan rekor dunia yang dicatatkan atlet panjang tebing Indonesia, Kiromal Katibin, dengan waktu 5,00 detik pada ajang yang sama.

Rekor ini kemudian kembali dipertajam oleh Veddriq Leonardo ketika menghadapi atlet asal China, Peng Wu, pada babak perempat final.

Saat itu, dia berhasil memecahkan rekor dunia yang baru diraihnya dengan membukukan waktu 4,90 detik, berbanding 6,13 detik yang diukir oleh Peng Wu.


Rekor istimewa ini pun mendapat sambutan hangat dari Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid. Dia menyebut, sejumlah atlet panjat tebing Indonesia sebetulnya sudah berhasil mengukir waktu di bawah lima detik pada proses persiapan.



"Cuma memang itu masih kami simpan dan ternyata hari ini bisa terpecahkan," kata Yenny seperti dilansir dari Antara.

Profil Veddriq Leonardo

Veddriq Leonardo merupakan seorang atlet panjat tebing yang berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat. Dia tercatat lahir pada 11 Maret 1997.

Namanya memang semakin mentereng ketika sukses memecahkan rekor dunia pada Piala Dunia IFSC 2023 di Seoul dengan catatan waktu 4,90 detik tersebut.

Rekor istimewa ini diraih lelaki berusia 26 tahun itu ketika memanjat climbing wall setinggi 15 meter dengan catatan waktu tercepat dunia.

Dengan catatan waktu tersebut, Veddriq Leonardo mengukir tinta emas sebagai manusia pertama di dunia yang resmi memanjat dengan hasil di bawah lima detik.

Kiprahnya di dunia panjat tebing memang sudah mulai harum sejak 2014, tepatnya ketika mengikuti kejuaraan nasional pertamanya di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Pada saat itu, dai sukses melejit hingga delapan besar. Dua tahun berselang, atau tepatnya pada 2016, Veddriq sukses meraih medali pertamanya di kejuaraan nasional di Bangka Belitung.
Saat itu, alumni Universitas Tanjungpura ini sukses meraih medali perunggu. Adapun turnamen internasional pertamanya sudah diikuti pada 2018.

Ketika itu, dia mewakili Indonesia di ajang Piala Dunia IFSC Moscow dan sukses menempati posisi ketiga.

Pada 2019, Veddriq sukses meraih medali emas di ajang Kejuaraan Asia Panjat Tebing yang berlangsung di Bogor pada nomor Kecepatan Putra dikutip dari suara.com