PPP Resmi Usung Ganjar, Golkar dan PAN Usung Prabowo?

Koalisi-indonesia-bersatu3.jpg
(Via suara.com/istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Golkar sebagai anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PPP dan Partai Amanat Nasional (PAN) belum mencapai kesepakatan akhir siapa figur yang akan diusung sebagai capres.

Namun, ada kabar yang menyebut Golkar tetap mendukung sang Ketua Umum Airlangga Hartanto untuk maju jadi capres 2024. Simak teka-teki sosok capres yang didukung Golkar berikut ini.

1. Golkar Dikabarkan Merapat ke Gerindra

Setelah PPP resmi mendukung Ganjar, Golkar dikabarkan merapat ke Gerindra. Hal ini diungkap oleh juru bicara Golkar Tantowi Yahya yang memberikan kode partainya akan koalisi dengan Gerindra di Pilpres 2024.

Tantowi menyinggung pertemuan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto bersama politikus senior Golkar Abu Rizal Bakrie di momen hari Lebaran. Dia mengatakan Gerindra dan Golkar sama-sama punya hubungan yang sangat dekat.

Walau begitu, Tantowi tak menjawab tegas ketika disinggung peluang poros ketiga jika Golkar berkoalisi dengan Gerindra. Termasuk soal peluang PAN dan PPP mundur dari KIB menyusul pencalonan Ganjar Pranowo oleh PDIP.



2. Ada Tanda-tanda Golkar Dukung Ganjar?


Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya tak merasa ditinggalkan PPP yang telah mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Pasalnya saat ini KIB yang dihuni Golkar, PPP, dan PAN belum mencapai kesepakatan akhir siapa figur yang akan diusung sebagai capres.

"Enggak (merasa ditinggal), biasa-biasa saja. Kan harus masing-masing parpol ada mekanisme sendiri," ujar Airlangga pada Kamis (27/4/2023) malam.

Sebelumnya, Juru Bicara PPP Usman Tokan sempat mengajak Golkar dan PAN untuk ikut memberikan dukungan pada Ganjar. Dalam keterangannya pada Rabu (26/3/2023), Tokan berharap agar Golkar dan PAN bisa sejalan dengan PPP yang telah membuat keputusan bulat di Rapimnas partai beberapa waktu lalu.

3. Golkar Tegas Tetap Dukung Airlangga

Walau begitu Airlangga Hartanto menghargai keputusan yang diambil oleh PPP dalam mendukung Ganjar sebagai capres 2024. Airlangga mengaku dia tak ambil pusing PPP mengambil keputusan yang berbeda haluan dengannya.

Airlangga tetap tegas dengan keputusan Golkar yang telah bulat untuk mengusung dirinya sebagai capres 2024. Keputusan itu telah dibuat di Munas Golkar beberapa waktu lalu.

"PPP kan baru memutuskan. Kalau Golkar sudah lama melalui Munas," ujar Airlangga ke awak media di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis (27/4/2023).

Kemudian Airlangga juga mengungkap nasib KIB setelah salah satu partai anggotanya mendukung Ganjar yang merupakan lawan. Airlangga mengatakan bahwa KIB hingga sekarang masih solid dan kuat dikutip dari suara.com