Jokowi Sebut 7 Nama yang Cocok Dampingi Ganjar Pranowo

Jokowi-dan-Prabowo6.jpg
((BPMI Setpres/Kris))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Presiden Jokowi menyebut tujuh nama yang cocok mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo resmi yang akan berlaga di Pemilu sekaligus Pilpres 2024 mendatang sebagai capres yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Ganjar Pranowo resmi dideklarasikan menjadi capres PDIP oleh sang Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri pada Jumat (21/4/2023) kemarin.

Kini, tinggal menunggu serta menebak siapa sosok beruntung nan cemerlang yang akan menemani Ganjar sebagai cawapres di Pemilu 2024.

Jokowi telah 'spill' 7 nama bursa cawapres Ganjar

Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah membeberkan beberapa nama politisi yang baginya cocok untuk menemani Ganjar berlaga di pesta demokrasi tahun depan.

Kala ditanya oleh wartawan, Jokowi memberi 7 nama yakni Erick Thohir hingga Mahfud MD.

"Ada Pak Erick, Pak Sandiaga Uno, Pak Mahfud, Pak Ridwan Kamil, Cak Imin, dan Pak Airlangga," jawab Jokowi ke wartawan di Masjid Sheikh Zayed Solo, Sabtu (22/4/2023).

"Termasuk Pak Prabowo. Nanti juga segera cawapresnya ketemu," tambahnya.

Lantas seberapa hebat orang-orang yang disebutkan oleh sang Presiden tersebut?

1. Erick Thohir

Bukan hal yang aneh jika Jokowi melihat Erick Thohir cocok jadi cawapres Ganjar.

Sebab, sosok yang kini menjabat sebagai Menteri BUMN merupakan politisi sekaligus pebisnis yang memiliki rekam jejak mentereng.


Erick merupakan salah satu pebisnis bidang media dan penyiaran yang kondang. Adapun ia mendirikan Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari Republika.

Erick juga sempat mengakuisisi Inter Milan, salah satu klub sepak bola kondang di Italia. Suami Elizabeth Tjandra ini juga kini dipercaya menjadi Ketua Umum PSSI.

2. Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merangkap Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga tak kalah hebatnya dengan Erick Thohir.

Sandiaga juga merupakan seorang pebisnis sekaligus politis yang ternama.

Menariknya, Sandiaga pada Pilpres 2019 merupakan cawapres Anies Baswedan dan tentu akan memberikan wajah baru perpolitikan Indonesia bila terpilih menjadi cawapres Ganjar di Pilpres 2024 mendatang.


3. Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD juga menjadi salah satu pilihan ideal bagi Ganjar.

Sebab, Mahfud MD baru-baru ini bertambah tenar gegara vokal di berbagai isu nasional seperti kasus Ferdy Sambo hingga yang terbaru, kasus transaksi janggal di lingkup Kementerian Keuangan.

4. Ridwan Kamil

Ridwan Kamil atau yang sering disapa dengan Kang Emil juga merupakan pilihan yang tak kalah ideal bagi Ganjar. Kang Emil selain berkiprah menjadi Gubernur Jawa Barat juga merupakan seorang arsitek.

5. Muhaimin Iskandar aka Cak Imin

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin juga menjadi pilihan Ganjar bila ia ingin menyasar ke calon pemilih yang lebih luas, terutama para nahdliyin atau anggota Nahdlatul Ulama.

Sebab, Cak Imin merupakan salah satu politisi sekaligus tokoh tersohor di kalangan Nahdlatul Ulama. Cak Imin juga merupakan salah satu pihak yang membantu Gus Dur mendirikan PKB.

6. Airlangga Hartarto

Selain keenam sosok tersebut, ada Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang juga dinilai memiliki rekam jejak apik sehingga cocok mendampingi Ganjar.

Namun sayangnya, peta perpolitikan dalam negeri menunjukkan bahwa sosok Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia ini lebih berambisi menjadi capres ketimbang cawapres dikutip dari suara.com

7. Prabowo Subianto

Sosok Menteri Pertahanan RI sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra ini juga disebut-sebut Jokowi sebagai sosok yang cocok jadi cawapres Ganjar Pranowo.

Tidak perlu diragukan lagi, Prabowo juga memiliki rekam jejak yang apik. Terlebih, Prabowo juga pernah mencalonkan diri sebagai capres sebanyak dua kali. Bahkan, ia juga pernah mendampingi Megawati sebagai cawapres pada Pemilu 2009 lalu.