Presiden Jokowi Kemana-mana Kini "Gandeng" Erick Tohir

Jokowi-di-tol3.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, MAKASSAR-Presiden Joakowi mengajak Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam agenda rutinnya belakangan ini. Sebelumnya, Presiden Jokowi juga sempat mengajak Menteri Pertahanan RI sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut momen Presiden Jokowi gandeng Prabowo dan Erick Thohir dalam berbagai Acara.

Momen Jokowi Gandeng Prabowo

Dalam kunjungan kerja Jokowi ke Kebumen, Jawa Tengah, Prabowo diajak oleh Jokowi dalam acara panen raya padi di Kecamatan Ambal. Kunjungan yang berlangsung pada Kamis (9/3/23) itu dilanjutkan dengan berkunjung ke pasar di Kebumen. Ada pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang turut mendampingi.

Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers, Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan bahwa Prabowo turut serta karena memiliki agenda yang berdekatan lokasinya. Jokowi juga ingin Prabowo mengetahui masalah di lapangan yang dialami para petani karena Prabowo bertugas menangani food estate di Kalimantan Selatan.

Pada Jumat (17/3/23), Prabowo turut serta dengan Jokowi di lokasi Istighatsah dan doa bersama di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan Kecamatan Murung Pudak, Tabalong, Kalimantan Selatan.



Selain itu, keduanya juga mengunjungi Pasar Batuah Tanjung serta peresmian Jalan Tanjung Baru di Mabuun, Murung Pudak dan ramah tamah dengan berbagai tokoh agama dan pengurus Rabithah Melayu-Banjar.


Tak hanya Prabowo, dalam kunjungan tersebut juga ada Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo dan Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Andi Rian Ryacudu.

Melihat fenomena tersebut, muncul tanggapan dari Kepala BIN Budi Gunawan yang memprediksi kemungkinan peluang Prabowo di Pemilu 2024.

"Seluruhnya mulai melihat aura Pak Jokowi sebagian sudah pindah ke Pak Prabowo. Kita semua mendoakan untuk Pak Prabowo semoga sehat, lancar dan sukses dalam kontestasi pemilu 2024," lanjut Budi Gunawan.

Momen Jokowi dan Erick Thohir di Jawa Barat

Presiden Jokowi dan Erick Thohir meresmikan hunian dan pengecekan kebutuhan pokok masyarakat di daerah Depok, Jawa Barat pada Kamis (13/4/23). Sebelumnya, BUMN menyelesaikan lokasi hunian terintegrasi sebanyak 7 hunian dengan nilai Rp5 triliun.

Hunian dengan unit 8.348 itu telah terjual hingga 65 persen. Sebanyak 41persen pembeli adalah generasi milenial.

Pasca peresmian tersebut, Erick dan Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Pal Tugu Cimanggis. Tujuannya yakni melakukan pemantauan terhadap bahan pokok dan membagi sembako ke masyarakat.

Atas fenomena tersebut, beberapa pengamat politik pun menilai keduanya memiliki relasi khusus dan berpotensi muncul di Pemilu 2024. Politisi yang berpikir demikian salah satunya yakni Surokim Abdussalam dikutip dari suara.com

"Sejauh ini, Pak Erick Thohir punya relasi khusus dengan Pak Jokowi sehingga punya peluang juga untuk di-sounding-kan (disuarakan menjadi cawapres) di koalisi besar," kata Surokim dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (13/4/2023).