BRI Liga 1 Usai, Wiljan Pluim Jadi Pemain Terbaik, Bernardo Tavares Pelatih Terbaik

Wiljan-Pluim.jpg
(Dok LIB)

RIAU ONLINE, MAKASSAR-PSM Makassar menutup rampungnya Kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 dengan kemenangan. Sang juara BRI Liga 1 musim ini mencukur  Borneo FC dengan skor 3-0 di Stadion BJ Habibie, Parepare, Minggu (16/4/2023) malam WIB.

Status juara juga membuat PSM mendominasi untuk gelar individual Pemain Terbaik dan Pelatih Terbaik Liga 1 2022/2023. Pemain veteran sekaligus kapten PSM, Wiljan Pluim menyabet trofi Golden Ball alias best player, sementara pelatih Bernardo Tavares asal Portugal dianugerahi predikat best coach.

Pluim sendiri sukses tampil apik sepanjang musim dengan mengemas 'double-double'. Sebanyak 11 gol plus 10 assist menandai kontribusi Pluim dalam 27 penampilannya bersama PSM di Liga 1 2022/2023.


Pluim sekaligus menjadi top skor PSM bersama striker Ramadhan Sananta yang juga mencetak 11 gol musim ini.


Pluim tercatat selalu mencetak gol di laga-laga krusial PSM. Gelandang serang berusia 34 tahun itu juga menyarangkan satu gol ke gawang Borneo FC di laga terakhir malam ini.

Golden Ball ini menjadi trofi pertama Pluim dalam karier panjangnya bersama PSM selama tujuh tahun. Sebelumnya, PSM juga meraih Piala Indonesia 2019, tetapi Pluim tidak terpilih sebagai pemain terbaik.


Tak ketinggalan, Tavares terpilih sebagai pelatih terbaik usai sukses membawa PSM berjaya di musim perdananya membesut tim berjuluk Juku Eja itu.

Pelatih asal Portugal itu menyisihkan tiga nominator lainnya untuk pelatih terbaik musim ini, yakni Luis Milla (Persib Bandung), Thomas Doll (Persija Jakarta), dan Aji Santoso (Persebaya Surabaya).

Gelar juara musim ini sendiri mengakhiri penantian akan trofi juara PSM selama 23 tahun. Trofi ini sekaligus menjadi yang ketujuh bagi PSM di liga domestik Indonesia dikutip dari suara.com