Cak Imin Nyapres Pemilu 2024, Janji Perjuangkan Dana Desa Rp 5 M per Tahun

Muhaimin-Iskandar3.jpg
((Foto dok. tim Cak Imin/ist))

RIAU ONLINE - Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjadi kandidat bakal calon presiden (capres) di Pemilu 2024. Cak Imin berjanji akan memperjuangkan kenaikan dana desa dari Rp 1 miliar per desa per tahun menjadi Rp 5 miliar.

“Ini demi kemajuan dan kesejahteraan Indonesia. Saya dan PKB akan perjuangkan meningkatkan dana desa 5 kali lipat,” ujar Cak Imin ini dalam keterangan pers, dikutip dari Liputan6.com, Senin, 17 April 2023.

Cak Imin memastikan usulannya telah dibuat perhitungannya dengan hati-hati dan matang. Ia meyakini angka tersebut masih realistis dengan anggaran yang dimiliki pemerintah.

“Insyaallah besaran anggaran negara kita berkemampuan untuk menyokong kenaikan dana desa," ujar Muhaimin.


Wakil Ketua DPR itu juga yakin, jika kenaikan dana desa mutlak dibutuhkan. Sebab, saat ini waktu yang tepat mencanangkan satu program besar, yaitu membangun Indonesia dari desa.

"Pilar utama pembangunan desa adalah sumber daya manusia. Fokus kita adalah warga desa yang sehat dan pintar. Maka, desa sehat dan desa pintar adalah dua program yang wajib kita jalankan dan sukseskan," jelas dia.

Apalagi kata dia, jalan menuju pembenahan desa sudah dimulai secara serius di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan fokus saat ini adalah melanjutkan semua program dan kebijakan yang baik serta melakukan perbaikan dan pengembangan lebih lanjut.

"Itulah yang saya istilahkan 'Mengelola Kesinambungan dan Menggerakkan Perubahan' dalam pembangunan desa. Inilah yang perlu kita kerjakan saat ini," dia menandasi.