Rekaman Para Polisi di KPK vs Firli soal Pencopotan Endar Beredar, Ini Isinya

Gedung-KPK.jpg
(liputan6.com)

RIAU ONLINE - Rekaman Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri saat audiensi dengan sejumlah penyidik dan penyelidik polisi yang ditugaskan KPK beredar luas. Saat ini para polisi mempertanyakan alasan pemberhentikan Direktur Penyelidikan KPK, Brigjen Endar Priantoro.

Dalam rekaman itu, terdengar satu dari perwakilan penyidik dan penyelidik menyatakan walk out (WO) lantaran tidak mendapatkan penjelasan dari Firli Bahuri dkk terkait dasar hukum pemberhentian Endar.

Terdengar pula beberapa momen suara Firli Bahuri meninggi kepada penyidik tersebut. Berikut perdebatan dalam rekaman yang yang diunggah akun Twitter @RakyatJelata, sebagaimana dilansir dari jaringan RIAU ONLINEkumparan, Minggu, 9 April 2023.

Firli Bahuri: Saya mohon maaf saya tidak memberi kesempatan untuk bicara, tapi yang pasti, saya titip itu saja, tolong ya, jangan bersumber dari kita. Baik terima kasih. Saya akhiri Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pegawai: Mohon izin, Pak Ketua.

Firli: Ya.

Pegawai: Siap, mohon izin, terima kasih kehormatan, siap.

Firli: Wicklief, mau nyampai enggak?

Pegawai: Siap

Firli: Monggo silakan

Pegawai: Saya mewakili rekan-rekan dari penindakan penyidikan penyelidikan Polri, terima kasih Bapak, Bapak sudah banyak memberikan banyak arahan, sejak 2018-2017 Bapak di sini. Bapak sudah mendampingi kami sebagai Deputi kemudian sampai menjadi Ketua KPK. Hanya saja, menurut kami, Bapak, jadi Bapak perlu membuat statement bahwa ini memang surat yang Bapak kirimkan pengembalian Pak Endar. Kami sangat berharap Bapak, bahwa ini Pak Endar tetap di sini.

Kami berharap semuanya, baik penyidik maupun penyelidik berharap Pak Endar tetap menjadi Direktur Penyelidikan dan melaksanakan tugas-tugasnya seperti biasa, seperti itu. Kalau memang Bapak tetap mengeluarkan surat pengembalian Pak Endar dan Pak Endar tidak boleh atau tidak berkesempatan untuk berdinas lagi di sini, mohon maaf, Bapak, kami selalu junior Bapak, mohon maaf sekali Bapak, kami walk out untuk sekarang ini, Bapak. Kami keluar dari forum ini, dari ruangan ini. Dan mohon maaf Bapak, kami atas perintah Bapak kami melanggar, Bapak, siap.


Firli: Silakan duduk. Terima kasih

Pegawai: Siap, izin rekan-rekan [pegawai kawan-kawannya keluar ruangan]

Firli: Ntar dulu, ntar dulu. Saya tahu Anda, Anda tahu saya, bukan baru lahir saya.

Makanya tadi saya sudah sampaikan, keputusan ini adalah bukan keputusan sendiri, paham ya? Paham? Harus dipahami dulu. Ini bukan urusan pribadi. Enggak ada. Saya sudah sampaikan berkali-kali bahwa enggak ada sama sekali. Jangan dibawa, tidak ada konflik bagi saya, mohon maaf. Saya tidak ada konflik pribadi dengan adik-adik saya, itu. Paham ini Wicklief?

Pegawai: Siap

Firli: Itu dulu, itu dulu…

Pegawai: Kan, tadi, keluar aja, kami WO, jenderal

Firli: Duduk dulu, dong [suara Firli meninggi]

Pegawai: Sebenarnya tidak ada arahan ini.

Firli: Bukan! Ini belum selesai! [Firli semakin meninggi]

Pegawai: Siap, jenderal

Firli: Wicklief, duduk! Duduk! [suara Firli kembali merendah].

Audiensi tersebut dibenarkan oleh dua sumber kumparan. Namun, pihak KPK belum berkomentar. Beberapa hari lalu kumparan sudah menghubungi Pimpinan serta juru bicara KPK untuk mengkonfirmasi soal pertemuan itu, tetapi belum ada tanggapan.

kumparan kembali mencoba menghubungi Ali Fikri, Firli Bahuri dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK setelah mencuatnya rekaman tersebut, namun tak ada respons.

Berawal ketika muncul polemik pencopotan Endar oleh Pimpinan KPK. Sejumlah anggota Polri itu menuntut penjelasan pencopotan Endar. Terlebih, Kapolri sudah bersurat ke KPK menyatakan bahwa Endar akan tetap ditugaskan sebagai Direktur Penyelidikan.

Sejumlah anggota Polri yang ditugaskan KPK dengan Firli Bahuri dkk digelar pada Selasa, 4 April 2023. Para pegawai itu mempertanyakan pemberhentian Brigjen Endar, namun pertemuan itu tak menemui hasil alias deadlock.

Audiensi itu pun berakhir dengan walk out para polisi yang berjumlah sekitar 15 orang itu. Merasa tidak diberikan ruang dialog, mereka langsung berdiri dan keluar.

Seorang pimpinan KPK dikabarkan sempat mengancam soal sanksi atas sikap para polisi itu. Namun, mereka tetap meninggalkan lokasi pertemuan.

Sempat beredar informasi bahwa beberapa penyidik dari Polri mogok kerja sejak Selasa kemarin hingga hari Rabu ini karena pencopotan Endar yang disebut tak sesuai aturan. Namun terkait hal tersebut, dibantah Plt juru bicara KPK, Ali Fikri.

"Jadwal riksa hari ini banyak. Tetap kerja seperti biasa," kata Ali saat dikonfirmasi, Rabu, 5 April 2023.