Ada Artis R Terseret Kasus Pencucian Uang Rafael Alun, Siapa?

Rafael-Alun-Trisambodo3.jpg
(Jamal Ramadhan/kumparan)

RIAU ONLINE - Seorang artis berinisial R diduga terlibat dalam kasus pencucian uang ayah Mario Dandy sekaligus mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo.

Hal ini diungkap Sekretaris Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW), Iskandar Sitorus. Iskandar mengaku telah menyampaikan berbagai data ke KPK.

"Beberapa aset dari Rafael yang sudah diperiksa, kita sudah disebutkan di dalam. Ternyata Rafael terakses dengan orang kaya baru yang mengendalikan bisnis. Modal dasarnya saja Rp 170-an miliar, lalu bisnis ini angkanya triliun," ucap Iskandar usai menyambangi kantor KPK, baru-baru ini, dikutip dari kumparan, Jumat, 31 Maret 2023.

Iskandar membeberkan identitas R yang diduga terlibat dalam pencucian uang Rafael Alun. Ia menyebut R cukup terkenal dan tinggal di Jakarta.


"R tersebut laki-laki. Orang kaya baru. Di Jakarta ini tinggalnya. Dia sangat dikenal," ujarnya.

"(R) Orang kaya baru. Di database kami disebutnya orang kaya baru," katanya.

Sayangnya, Iskandar enggan mengungkap lebih jauh terkait sosok R tersebut. Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami sosok R tersebut.

"Ini inisial R itu siapa? Ini sedang kita dalami. Inisial R apakah R itu huruf depannya, ataukah itu ada di tengah atau ada di ujung. Seperti itu," kata Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur, Kamis, 30 Maret 2023.

KPK sudah menetapkan Rafael Alun sebagai tersangka. Ia diduga menerima gratifikasi dalam kasus pajak tahun 2021-2023.