Tip Mencegah Mengantuk dan Lemas saat Berpuasa

Mengantuk2.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Puasa memiliki bertujuan melawan hawa nafsu seperti menahan lapar dan haus. Lantas gimana ya cara agar tidak ngantuk dan lemas saat puasa dalam keadaan perut kosong?

CEO Stress Management Indonesia, Coach Pris mengingatkan untuk tetap mindfulness saat berpuasa, tujuannya agar tetap bahagia dan tidak lemas meski sedang berpuasa, apalagi pada 20 Maret 2023 lalu adalah peringatan World Happiness Day.

"Sebaiknya kita menyambut bulan ini dengan penuh kebahagiaan. Tentunya, dengan cara-cara yang mudah dan murah," ujar Coach Pris.

Berikut ini 5 cara agar tidak ngantuk dan lemas saat puasa menurut Coach Pris yang bisa diterapkan:

1. Cukup Istirahat

Bukan rahasia bila istirahat yang cukup adalah kunci supaya agar lebih sehat dan fokus sehari-hari. Riset membuktikan bahwa istirahat selama sekitar 6 hingga 7 jam bisa membantumu menjaga kesehatan mental agar lebih stabil.


Jadi wajib banget menjaga kebersihan tempat tidur di bulan Ramadhan. Tempat tidur yang kurang bersih menurunkan kualitas tidur dan mood juga bisa lebih kacau. Ada baiknya mulai atur jadwal istirahat ideal selama puasa.

2. Sahur Makanan Bergizi

Dengan makanan dan minuman yang sehat membuat puasa lebih tenang. Protein dan serat adalah nutrisi penting yang dapat membantu merasa lebih kenyang selama berpuasa sedangkan makanan yang kaya akan lemak jenuh lebih cepat dicerna, sehingga membuat mudah lapar.

Ada baiknya menghindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan menambah konsumsi makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka. Bisa juga coba ganti kolak dan gorengan dengan buah-buahan segar dan sayuran.

3. Cobalah Menulis

Journaling atau menulis bisa bantu untuk menenangkan perasaan saat berpuasa. Dengan menuliskan keluh kesah dan perasaan, dapat meredakan emosi negatif tanpa merugikan pihak lain atau terbawa emosi di kemudian hari.

Selain itu, journaling bisa menjadi salah satu media refleksi diri agar bisa belajar lebih baik lagi dalam menjaga kesehatan mental.

4. Memaksimalkan Waktu Luang

Memanfaatkan waktu luang melakukan aktivitas yang disenangi, atau mengeksplorasi hal-hal baru yang belum pernah coba saat puasa, seperti mendalami hobi.

"Dengan cara ini akan merangsang hormon dopamin yang membantu merasa lebih bahagia dengan hobi. Jadi, ketimbang melamun selama ngabuburit, bisa melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan," jelas Coach dikutip dari suara.com