Riko Simanjutak Dipanggil Shin Tae-yong Lawan Timnas Burundi

Riko-Simanjuntak2.jpg
(Dok Persija)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Shin Tae-yong memanggil Riko Simanjuntak untuk memperkuat Timnas Indonesia melawan Timnas Burundi pada laga FIFA Matchday periode Maret 2023.

Riko Simanjuntak dipastikan menjadi satu di antara pemain senior yang berkesempatan memperkuat Timnas Indonesia.

Pemanggilan ini tentu menjadi kejutan tersendiri mengingat Riko Simanjuntak sudah berusia 31 tahun. Dibandingkan winger-winger andalan Shin Tae-yong lainnya, usia Riko terbilang paling senior.

Sebetulnya, pemanggilan ini bukanlah hal yang patut dipertanyakan. Sebab, jika melihat catatan statistiknya, Riko Simanjuntak memang layak untuk mendapat kesempatan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Bersama Persija Jakarta, Riko Simanjuntak terhitung sebagai salah satu pemain yang paling diandalkan untuk membongkar lini serang lawan.


Sejauh ini, Riko hanya dua kali absen bersama Macan Kemayoran. Dari 26 penampilannya, Riko hanya satu kali bermain sebagai pengganti. Artinya, dia sudah 25 kali dipercaya Thomas Doll untuk tampil sebagai starter.

Kontribusi pemain asal Pemantangsiantar, Sumatera Utara, ini juga terhitung istimewa. Sebab, dari 26 laga, Riko sudah mencatatkan tiga gol dan enam assist.

 Jumlah assist ini menjadi yang tertinggi jika dibandingkan seluruh nama pemain persija Jakarta. Sebab, Riko untuk sementara menduduki daftar top assist skuad Macan Kemayoran musim ini.

Selain itu, catatan tiga gol yang dibukukan Riko ini juga menyamai torehan terbaiknya pada musim 2018 lalu.

Bedanya, saat itu Riko sukses melesakkan total sembilan assist. Itu menjadi jumlah tertinggi yang dibukukan Riko di era Liga 1.

Yang jelas, ini bakal menjadi ajang comeback bagi Riko Simanjutak di skuad Timnas Indonesia. Sebab, terakhir kali ia memperkuat skuad Garuda ialah pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia lalu dikutip dari suara.com