6 Ekor Anjing Pelacak Dikerahkan Cari Korban Longsor di Natuna Kepri

Anjing-pelacak-di-natuna2.jpg
(Istimewa via Batamnews)

RIAU ONLINE - Sebanyak 6 ekor anjing pelacak atau Satwa K-9 dikerahkan dalam pencarian korban longsor di Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Enam ekor K-9 itu didatangkan menggunakan KMP Bahtera Nusantara 01 pada Jumat, 10 Maret 2023 sore.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, menyebut 145 anggota Polri diterjunkan ke wilayah terdampak longsor di Pulau Serasan, Natuna.

Kapolres Natuna, AKBP Nanang Budi Santosa, menjelaskan ratusan personel Polri dan K9 dikerahkan untuk mempermudah jika ada korban yang tertimbun tanah longsor.

“Kami menurunkan satwa yang punya spesifikasi untuk membantu mencari korban di lokasi bencana. Ada beberapa titik yang menjadi lokasi pencarian dugaan adanya korban," jelasnya, sebagaimana dilansir dari Batamnews, jaringan RIAU ONLINE, Minggu, 12 Maret 2023.


Hingga Sabtu 11 Maret 2023, 7 jenazah telah kembali ditemukan. Total, ada 44 jenazah yang berhasil dievakuasi, sementara satu di antaranya belum teridentifikasi.

Sementara Tim SAR gabungan kembali akan melakukan pencarian korban hilang. Dilaporkan 10 orang yang dilaporkan hilang usai musibah itu masih belum ditemukan.

“Pencarian dan evakuasi Minggu 12 Maret 2023, dibantu Satwa K-9 dari Mabes Polri. Pencarian dilakukan terhadap 10 orang yang hilang dan belum ditemukan, Semoga cerah dan tidak hujan agar dapat mempercepat proses penanganan dan pencarian korban," harapnya.