Punya Harta Fantastis, Andhi Pramono Punya Aset di Kepri, Apa Saja?

Andhi-Pramono.jpg
((Twitter/@BosPurwa))

RIAU ONLINE - Kepala Bea dan Cukai Makassar, Andhi Pramono, tengah menjadi sorotan publik. Pejabat Bea dan Cukai itu memiliki harta fantastis yang nilainya mencapai Rp 13,75 miliar.

Nilai tersebut berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Andhi Pramono yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 16 Februari 2022 untuk laporan periodik 2021.

Sebagian besar, harta Andhi didominasi tanah dan bangunan senilai Rp 6,98 miliar, sebagaimana dilansir dari Batamnews, jaringan RIAU ONLINE, Jumat, 10 Maret 2023.

Aset ini tersebar di sejumlah daerah, termasuk di Karimun dan Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Lalu ada pula di Salatiga Jawa Tengah, Jakarta, Cianjur dan Bekasi Jawa Barat, serta Banyuasin Sumatera Selatan.

Selain itu, Andhi juga melaporkan belasan alat transportasi ke KPK. Ada 13 kendaraan yang terdiri dari 9 unit mobil dan 4 unit motor dengan total nilai Rp 1,84 miliar.


Sejumlah harta bergerak Andhi di antaranya Mini Morris sedan, Fiat sedan, Toyota Corolla sedan, Smart sedan, Honda Brio, Ford sedan, Chevrolet sedan, Austin sedan dan Toyota Jeep. Kemudian, 4 sepeda motor yakni Honda Beat, 2 Piaggio Vespa dan motor Honda.

Andhi sebelum menjabat sebagai orang nomor satu di Bea dan Cukai Makassar memiliki jejak karir di berbagai tempat.

Andhi pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai Kanwil DJBC Jakarta, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Teluk Bayur, dan kepala Seksi Penindakan di Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau.

Selain itu juga pernah menjadi kepala seksi pabean dan cukai V, kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai tipe madya pabean B Palembang.