Menteri BUMN Erick Thohir Bakal Tata Ulang Depo Pertamina Plumpang

Erick-Thohir11.jpg
([Suara.com/Bagaskara])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Pemerintah bakal melakukan tata ulang objek vital nasional agar kejadian kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara tak terulang kembali.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kawasan-kawasan kilang hingga yang lainnya harus memperhatikan batas aman dari pemukiman warga.

Hal itu disampaikan Erick usai melakukan peninjauan langsung bersama Wapres Maruf Amin ke pemukiman warga yang terdampak paling parah kebakaran Depo Pertamina Plumpang, yakni Kampung Tanah Merah, Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023).

Erick mengklaim, bahwa dia sudah mewanti-wanti ke seluruh BUMN agar kilang minyak dan sebagainya harus ada batas titik aman dari masyarakat.

"Jadi memang sejak awal kami sudah menekankan kepada seluruh BUMN yang masuk menjadi kawasan objek vital. Saya rasa tidak hanya kilang, tapi juga pupuk seperti yang saya tinjau di Sumsel itu pun buffer antara titik kemanan dan tentu titik dari masyarakat itu masih terlalu dekat," kata Erick.


Menurutnya, penting untuk dilakukan penataan ulang, mengingat agar ada batas aman antaran objek vital tersebut dengan pemukiman warga.

"Nah inilah yang mau kami zoning ulang, tata ulang, tidak hanya di Pertamina, termasuk PLN, termasuk pupuk. Supaya batasan-batasan keamanan untuk bisa masyarakat tinggal," tuturnya.

Lebih lanjut, Erick juga berharap adanya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat. Terlebih agar adanya kesadaran warga mengenai bahaya tinggal terlalu dekat dengan objek vital nasional.

"Dengan segala hal yang kita inginkan bersama, semoga ini bisa menjadi solusi juga, masyarakat mengerti bahwa kawasan itu tidak aman, jangan ditinggalkan kembali," katanya.

"Tadi pak Wapres sudah mengarahkan, nanti untuk kawasan ini bersama Pelindo dan Pertamina untuk mencari solusi berikan waktu," sambungnya.

Untuk diketahui, pada Jumat malam (3/3), sekitar pukul 20.10 WIB, pipa bahan bakar minyak di kawasan Depo Plumpang di Jalan Tanah Merah Bawah RT012/09 Koja, Jakarta Utara, terbakar.

Pertamina berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk para korban yang terdampak insiden kebakaran tersebut dikutip dari suara.com