Jalan Perempatan Rumdis Bupati-Teratak Dilewati ODOL, Dishub Kuansing Gelar Razia

DPRD-Kuasing20.jpg
(Riau Online/Robby Susanto)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Dinas Perhubungan Kabupaten Kuansing berjanji akan memperbanyak rambu lalu lintas pada ruas jalan Kabupaten terutama mulai dari perempatan Rumah Dinas - Sentajo Raya - Teratak Air Hitam.


Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dishub Kuansing, Hendri ruas jalan kabupaten ini sering dilewati mobil bertonase berat. Sebagian dari mereka memgaku tidak mengetahui kalau status jalan tersebut adalah jalan kabupaten yang tonasenya hanya bisa dilewati mobil dibawah 8 ton.

Hendri mengaku kendaraan yang melebihi tonase jalan melintas pada ruas jalan tersebut sering luput dari pengawasan karena sering melintas pada malam hari.

"Solusinya kita akan perbanyak rambu lalu lintas disana dan rutin melakukan razia terhadap kendaraan yang melebihi tonase melintas pada ruas jalan kabupaten ini," kata Hendri saat hearing dengan Komisi III DPRD Kuansing, Jumat, 3 Maret 2023.

Hendri mengatakan status jalan kabupaten tersebut merupakan tipe jalan kelas III dengan tonase hanya dibawah 8 ton. "Kalau lebih dari 8 ton tetap melintas pasti akan kita tindak. Kita hanya bisa melakukan tilang terhadap kesalahan yang mereka lakukan," katanya.


 


 

Sebelumnya Ketua Komisi III DPRD Kuansing, Romi mengaku sering menerima keluhan masyarakat terhadap jalan rusak. Ruas jalan tersebut rusak karena sering dilewati mobil melebihi tonase seperti CPO.

"Nanti dipasang rambu yang ada, sehingga jalan kita tidak hancur dilewati mobil-mobil berat ini," kata Romi.