Surya Paloh Temui AHY di Menteng, Demokrat: Pertemuan Om dan Keponakan

Surya-Paloh-dan-AHY.jpg
((Suara.com/Novian))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Juru Bicara PKS Muhammad Kholid, menyambut baik pertemuan antara Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di DPP Demokrat hari ini, Rabu (22/2/2023).

Pertemuan penting itu bagi PKS adalah pertanda penjajakan Koalisi Perubahan yang kian nyata.

"Sebagai calon mitra koalisi, kunjungan tersebut akan semakin memperkuat Koalisi Perubahan," katanya kepada wartawan, Rabu (22/2/2023).

"Sebagai calon mitra koalisi, kunjungan tersebut akan semakin memperkuat Koalisi Perubahan," kata Juru Bicara PKS Muhammad Kholid kepada wartawan, Rabu (22/2/2023).

Hal senada juga disampaikan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. Mardani menganggap pertemuan NasDem dan PKS dapat memperkuat penjajakan Koalisi Perubahan.

"Yakin pertemuan Pak SP dan Demokrat kian menguatkan Koalisi Perubahan. Mendukung penuh silaturahim antar parpol dalam Koalisi Perubahan," kata Mardani.

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman memastikan pertemuan Paloh dan AHY sudah dikoordinasikan. PKS mengetahui dengan pasti agenda tersebut.

"Ya itu agenda yang sudah dibahas di tim kecil. Ini agenda yang sangat baik untuk menguatkan soliditas koalisi," ujar Sohibul.


Pertemuan Om Dan Ponakan

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melakukan kunjungan ke DPP Partai Demokrat. Kunjungan itu dimaksudkan sebagai silaturahmi balasan atas kubjungan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ke NasDem Tower beberapa waktu silam.


Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengatakan kunjungan itu juga untuk lebih memperkuat hubungan keduanya.

"Ya ini silaturahim saja untuk memperkuat hubungan satu dengan lainnya," kata Willy kepada wartawan, Rabu (22/2/2023).

Willy mengatakan pertemuan antara Paloh dan AHY ibarat pertemuan paman dan ponakan. Adapun dalam pertemuan itu AHY akan menjamu Paloh dengan makan siang.

"Pertemuan om dan keponakan dan keponakan pengen jamu om makan siang di Kantor DPP Demokrat," kata Willy.

Sementara itu pantauan di DPP Demokrat, Paloh bersama pengurus DPP NasDem tiba 10.52 WIB. Mereka langsung mendapat sambutan dari para pengurus serta kader Demokrat yang dipimpin AHY.

Tampak AHY yang menghampiri Palih turub dari mobil dengan membawa payung. Payung itu ditujukan untuk melindungi Paloh dari gerimis yang turun di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Paloh kemudian langsung merangkul AHY ketika putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ini menghampiri dan memayungkan Paloh.

Keduanya kemudian lanjut berjalan menuju ke dalam kantor DPP. Tampak keduanya hanya melempar senyum kepada para kader serta awak media yang meliput.

Matangkan Deklarasi Koalisi

Penjajakan Koalisi Perubahan kian matang seiring ketiga partai di dalamnya yang bulat memutuskan mengusung pencalonan presiden untuk Anies Baswedan. Kekinian arah menuju persiapan deklarasi makin terlihat.

Hal itu tampak dari jadwal pertemuan antara Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono pada Rabu hari ini.

Diakui Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, pertemuan kedua tokoh itu salah satunya membahas persiapan deklarasi Koalisi Perubahan.

"Pembentukan Sekretariat Perubahan, persiapan penandatangan MoU, dan deklarasi Koalisi Perubahan juga akan menjadi pokok bahasan di antara kedua tokoh ini," kata Herzaky, Selasa (21/2/2023).

Selain soal koalisi, ada sejumlah topik politik hingga kebangsaan yang menjadi pembahasan Paloh dan AHY.

"Akan membicarakan isu-isu kebangsaan dan kerakyatan terkini, termasuk judicial review sistem pemilu proporsional terbuka, upaya penundaan Pemilu, maupun upaya-upaya perubahan dan perbaikan yang harus dilakukan ke depannya," kata Herzaky.

Adapun pertemuan itu akan dilangsungkan di DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat. AHY dan sederet pengurus Demokrat siap menyambut kedatangan Paloh beserta elite NasDem.

"Rencananya, Bapak Surya Paloh beserta rombongan akan tiba di kantor DPP Partai Demokrat sekitar pukul 10.00 WIB. Ketum AHY didampingi Sekjen Teuku Riefky dan pengurus teras lainnya akan menyambut langsung Pak Surya Paloh," kata Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, Selasa (21/2/2023) dikutip dari suara.com