Bagi-bagi Rice Cooker Gratis Bakal Jadi Program Prioritas Pemerintah Tahun Ini

Ilustrasi-Rice-Cooker1.jpg
(Dok.Shutterstock via kumparan)

RIAU ONLINE - Pemerintah memasukkan rencana bagi-bagi rice cooker atau penanak nasi listrik gratis ke dalam program prioritas untuk tahun 2023 ini. Sebanyak 680 ribu unit rice cooker bakal dibagikan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, mengatakan program ini termasuk kegiatan infrastruktur tahun anggaran 2023 yang dialokasikan untuk masyarakat bersama dengan proyek lain, seperti pengadaan konkrit petani.

"Penanak nasi listrik sebayak 680 ribu unit. Ini masih dalam pembahasan dengan lintas terkait," kata Arifin dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, dikutip dari kumparan, Kamis, 2 Februari 2023.

Meski belum ada kepastian anggaran pembagian rice cooker, secara keseluruhan, anggaran infrastruktur masyarakat dan survei sumber daya energi dan mineral di Kementerian ESDM naik 45,4 persen atau Rp 2,5 triliun dari pagu anggaran semula Rp 5,5 triliun. Itu artinya, jika disetujui, total anggaran infrastruktur untuk masyarakat ini mencapai Rp 7,5 triliun di 2023.

Tak hanya rice cooker, Kementerian ESDM juga mengalokasikan program infrasturktur masyarakat ke pembangunan pipa gas bumi tahap I ruas Semarang-Batang yang merupakan lanjutan dari tahun lalu. Pembagian 20 ribu konkrit nelayan 30 ribu paket konkit petani, hingga Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) 83 ribu rumah tangga.


Rencana bagi-bagi rice cooker gratis untuk masyarakat ini pertama kali mencuat pada Desember 2022. Kementerian ESDM ketika itu menyebut proyek ini bernama Program Bantuan Penanak Nasi Listrik (PBPNL).

Kala itu, Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, menjelaskan alokasi pendanaan untuk program PBPNL atau e-cooking tersebut menggunakan APBN sebesar Rp 340 miliar.

"Alokasi pendanaan program e-cooking sebesar Rp 340 miliar untuk paling sedikit 680.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) saat ini telah masuk dalam DIPA Ditjen Ketenagalistrikan Tahun Anggaran (TA) 2023," ungkapnya, Kamis, 1 Desember 2022.

Dadan menyebutkan manfaat program bagi-bagi rice cooker untuk pelanggan PLN bersubsidi tersebut. Pertama, mendukung program Presiden Jokowi dalam pemanfaatan energi bersih yang dapat dirasakan oleh masyarakat.

Kata Dadan, program itu bermanfaat pula untuk mengurangi penggunaan LPG 3 kg, otomatis akan mengurangi beban impor LPG nasional sebagai salah satu upaya transisi menuju energi bersih.