Ketua DPC PDIP Solo Disebut Jadi Menteri bila Ada Reshuffle Kabinet

FX-Hadi-Rudyatmo3.jpg
(Dok DPP PDIP)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Rumor reshuffle kabinet Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf belum reda. Menteri dari Partai NasDem dikabarkan bakal terdepak dalam reshuflle yang kali keempat akan dilakukan pada Kabinet Indonesia Maju (KIM) jilid II.

Sejumlah nama santer beredar, salah satunya nama Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo alias FX Rudy. Beberapa waktu lalu ketua  DPC PDIP Solo itu sempat mampir ke Istana Presiden menggelar pembicaraan di tengah santernya keinginan Jokowi untuk melakukan reshuffle.

Menurut Direktur Executive Partner Politik Indonesia AB Solissa, jika nanti ada reshuffle, Jokowi bakal menunjuk kader dari PDI Perjuangan, yakni FX Rudy. Ia mengemukakan FX Rudy merupakan kader PDIP yang loyal terhadap dirinya.

"FX Rudy punya kedekatan dengan Jokowi. Ia juga adalah kader PDIP yang cukup loyal kepada Jokowi," ujarnya seperti dikutip Warta Ekonomi-jaringan Suara.com.

Masih menurut Solissa, sosok FX Rudy juga memiliki peluang untuk menjadi menteri. Sebab dianggap bisa mengakomodir banyak kepentingan.


"Peluang FX Rudy jadi menteri menurut saya ada dan dia cukup tepat untuk mengakomodir banyak kepentingan," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi buka suara terkait perombakan kabinet atau reshuffle. Ia tidak menutupi adanya kemungkinan bakal kembali merombak Kabinet Indonesia Maju.

"Mungkin," kata Jokowi di Bendungan Sukamahi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/12/2022).

Kendati begitu, Jokowi enggan membocorkan kapan dirinya akan merombak jajaran menteri.

"Ya, nanti," ungkapnya.

Menurut hasil survei Charta Politika, sebanyak 61,8 persen responden menyetujui apabila Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan reshuffle di Kabinet Indonesia Maju dikutip dari suara.com