Korlantas Bakal Gunakan Pesawat Tanpa Awak Pantau Lalin-ETLE, Ini Penampakannya

Korlantas4.jpg
(Dok. Istimewa via Kumparan)

RIAU ONLINE - Direktur Penegak Hukum Korps Lalu Lintas (Dirgakkum Korlantas) Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan, mengungkap rencana instansinya untuk menerapkan tekologi pesawat tanpa awak untuk pengawasan lalu lintas (lalin).

"Jadi kita sedang mengkaji, menguji dan melihat rencana kita yang akan membuat satu pendukung untuk patroli kita, pengawasan arus lalu lintas dengan menggunakan pesawat tanpa awak," ujar Aan di Gedung NTMC Polri, dikutip dari kumparan, Senin, 16 Januari 2023.

"Contohnya saat terjadi kemacetan, kita bisa patroli ke ujung daripada sumber kemacetan tersebut, sehingga dari pembantuan melalui pesawat tanpa awak ini akan mengirimkan ke command center kita dari situ langsung ada komando kepada anggota yang di lapangan langsung untuk mengurangi kemacetan tersebut," tambah Aan.

Dengan adanya teknologi tersebut, kata Aan, petugas akan lebih mudah dalam melakukan survei dan monitoring suatu ruas yang mungkin tidak bisa melalui jalur darat. Ke depan, teknologi tanpa awak akan dikembangkan untuk penegakan hukum melalui ETLE.

Korlantas


Korlantas Polri memperlihatkan pesawat tanpa awak untuk pengawasan arus lalu lintas (lalin) dan pengembangan ETLE. Foto: Dok. Istimewa via Kumparan

"Kita akan kembangkan ini dengan melakukan penegakan hukum melalui ETLE dengan basis Drone ini, nantinya dengan kamera yang sesuai dengan specs tadi ya bisa meng-capture plat nomornya, bisa meng-capture pelanggarannya apa termasuk kecepatan," jelasnya.

Pesawat tanpa awak spesifik diciptakan untuk surveyor dan monitoring, dengan keunggulan baterai yang bertahan hingga 3 jam, dapat memperbesar gambar atau zoom 40-80 kali dari kamera biasanya.

Sehingga akan terlihat jelas, biasa meng-capture objek, radius 40-50 km dari take off, diterbangkan dengan Vertical Take-Off Landing (VTOL).

Teknologi pesawat tanpa awak ini dirancang semudah mungkin, namun mengutamakan keselamatan. Dilengkapi dengan parasut, jika terjadi gangguan sinyal dan baterai melemah pesawat akan kembali ke lokasi take off secara otomatis.