Dikawal Paspampres, Kaesang dan Erina Bulan Madu di Paris dan Milan

Kaesang-pangarep10.jpg
(Instagram/@fraulila))

RIAU ONLINE, PARIS-Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bulan madu di beberapa negara beberapa waktu lalu. Mereka sempat mengunjungi Paris, Prancis.

Erina Gudono dan Kaesang Pangarep tidak hanya mengunjungi negara yang terkenal dengan menara Eifel itu. Terbaru, sebuah akun Instagram yang meruoakan tour guide keduanya sata berkeliling Eropa @fraulila, membocorkan destinasi bulan madu lainnya dari pengantin baru tersebut.


Belakangan diketahui, Erina Gudono dan Kaesang Pangarep ternyata juga menyempatkan diri berlibur ke Milan, Italia dan Swiss. Akun tersebut bahkan juga bercerita bahwa perjalanan mereka juga mendapatkan pengawalan dari Paspampres.

"Selama di Paris dan Milan, iya mas Kaesang dan mba Erina ada pengawalan," cerita akun @fraulila seperti Suara.com kutip pada Sabtu (7/1/2023).

Tapi, lanjut dia, selama di Swiss, mereka berbulan madu tanpa pengawalan, karena menurut paspampres negara ini cukup aman, berbeda dengan Paris dan Milan.

Banyak publik mungkin bertanya-tanya, mengapa Kaesang Pangarep dan Erina Gudono hingga dikawal Paspampres.

Seperti diberitakan sebelumnya, Paspampres ini pasukan yang secara umum bertugas melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat bagi Presiden dan Wakil Presiden serta keluarganya.


Dalam melaksanakan tugasnya, Paspampres terbagi menjadi tiga grup dan berikut rinciannya yang dilansir dari ppid.tni.mil.id.

Grup A: Bertugas mengamankan Presiden RI beserta keluarga.

Grup B: Bertugas mengamankan Wakil Presiden RI beserta keluarga.

Grup C: Bertugas mengamankan Tamu Negara setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan, Batalyon Pengawalan Protokoler Kenegaraan (Yonwalprotneg), Skadron Kavaleri Panser (Dronkavser), Detasemen Musik Militer, dan berbagai Detasemen Pendukung lainnya.

Fungsi Paspampres

Sementara itu, masih dari sumber yang sama, fungsi Paspampres terbagi menjadi fungsi utama dan fungsi organik militer. Berikut rinciannya:

Menyelenggarakan pengamanan pribadi VVIP yang meliputi segala usaha, kegiatan dan pekerjaan, guna menjamin keselamatan pribadi dan melindungi jiwa VVIP dari setiap ancaman bahaya langsung jarak dekat.

Menyelenggarakan pengamanan instalasi yang meliputi segala usaha, kegiatan dan pekerjaan pengamanan personel, materiil, serta fasilitas di lingkungan yang digunakan VVIP.

Menyelenggarakan pengamanan penyelamatan VVIP yang meliputi segala usaha, kegiatan dan pekerjaan, yang terencana dan terarah, guna melindungi serta menyelamatkan jiwa VVIP dari ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang kemungkinan terjadi setiap saat.

Menyelenggarakan pengamanan langsung jarak dekat dalam perjalanan meliputi segala usaha, kegiatan dan pekerjaan, guna mengamankan VVIP dari segala ancaman, gangguan, hambatan dan rintangan.

Menyelenggarakan pengamanan makanan dan medis VVIP yang meliputi segala usaha, kegiatan dan pekerjaan, baik secara visual, laboratories ataupun cara-cara lain guna melindungi jiwa/raga VVIP dari bahaya yang dapat timbul melalui makanan, minuman, obat-obatan dan benda-benda lainnnya.

Menyelenggarakan acara protokoler khusus yang meliputi jajar kehormatan, pasukan upacara dan iringan musik pada upacara-upacara kenegaraan dikutip dari suara.com