Cuma Pembantu Presiden, Sekjen NasDem Pasrah bila Kena Reshuffle

Johnny-G-Plate3.jpg
([Suara.com/Ria Rizki])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate yang kini menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mengaku hanya bisa pasrah jika dirinya nanti kena reshuffle atau perombakan kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, reshuffle kabinet merupakan kewenangan Presiden Jokowi.

"Secara pribadi, apalagi kami di sini kan sebagai pembantu presiden, melaksanakan kebijakan dan arahan presiden. Itu sepenuhnya ada di presiden," kata Johnny mengutip Antara, Rabu (4/1/2023).

Secara pribadi, ia mengungkapkan apa yang dilontarkan ke publik pun tidak akan berpengaruh pada keputusan Jokowi terkait perombakan.

"Apa pengaruhnya pendapat yang disampaikan di ruang publik ini untuk keputusan presiden? Tidak (ada). Itu sepenuhnya kepada presiden," tambahnya.


Meski begitu, ia berpendapat jika isu-isu perombakan kabinet yang memenuhi ruang publik hanya akan menjadi diskursus politik tidak bermanfaat.

Lantaran itu, Sekjen Partai NasDem ini mendorong publik membangun semangat kegotongroyongan dan soliditas nasional. Hal tersebut menurutnya penting untuk menghadapi tantangan global yang kian dinamis.

"Jangan sampai situasi, di mana butuh stabilitas politik, soliditas nasional, kegotongroyongan, diganggu dengan isu-isu yang sepenuhnya menjadi hak presiden; jangan. Lebih baik kami ngurus bagaimana bangun stabilitas," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem itu.

Selain itu, ia mengungkapkan, jika partainya juga menyerahkan keputusan reshuffle kepada Jokowi yang merupakan hak prerogatifnya sebagai presiden dikutip dari suara.com

"Penentuan anggota kabinet, perubahan anggota kabinet, adalah kewenangan prerogratif presiden; karenanya serahkan itu pada bapak presiden untuk mengambil keputusan dan kebijakannya," katanya.

Sebelumnya, pada Senin (2/1/2023), Presiden Jokowi meminta semua pihak menunggu soal kemungkinan perombakan Kabinet Indonesia Maju.

"Ya, tunggu saja," kata Jokowi.