Di Sirkuit Mandalika Bakal Kembali Digelar MotoGP dan Mobil GT, Catat Jadwalnya

Sirkuit-Mandalika2.jpg
(Antara via Suara.com)

RIAU ONLINE - Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmojo, menyebut Sirkuit Mandalika kembali menjadi tuan rumah balapan. Kali ini setelah lolos sertifikasi Fédération Internationale de l'Automobile (FIA), balap mobil GT siap digelar di Sirkuit Mandalika.

"Mengenai (sertifikasi) FIA, nanti rencananya akan ada lomba balap mobil GT," ujar Kartika Wirjoatmodjo atau akrab disapa Tiko di Jakarta, dikutip dari Suara.com, Rabu, 14 Desember 2022.

Kemungkinan, kata Tiko, lomba balap mobil itu GT di Sirkuit Mandalika akan dikerjasamakan dengan Ikatan Mobil Indonesia (IMI).

Tak hanya itu, gelaran MotoGP juga direncanakan kembali dilangsungkan di Sirkuit Mandalika pada tahun depan.

"Mungkin nanti pada November 2023, MotoGP lagi," kata Tiko.

Sebelumnya, Holding BUMN Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mengungkapkan sirkuit Mandalika telah mendapatkan sertifikasi FIA sehingga bisa menggelar lomba kejuaraan untuk kendaraan beroda empat.

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan, dengan demikian sirkuit Mandalika sudah bisa mengadakan lomba kejuaraan untuk kendaraan roda empat di sirkuit Mandalika, di samping kejuaraan World Superbike (WSBK) dan MotoGP.

InJourney pun akan mulai masuk ke watersport sebagai daya tarik di Mandalika bagi wisatawan.

Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, H Lalu Pathul Bahri, sebelumnya mengatakan bawah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika saat ini telah siap menjadi tuan rumah pelaksanaan ajang internasional selain MotoGP.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat akan memperkuat citra Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah sebagai destinasi kelas dunia seiring wilayah itu menjadi titik ekonomi baru di luar pulau Jawa.