Spesifikasi Terbaru, iPhone 15 Hadir dengan Tombol Power dan Volume Solid-State

iPhone14.jpg
(apple.com)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Spesifikasi terbaru, iPhone 15 hadir dengan tombol power dan Volume Solid-State. Apple telah meluncurkan seri iPhone 14 pada bulan September 2022 lalu. Rumor tentang jajaran iPhone 15 generasi berikutnya sudah mulai muncul di web.

Seperti dilansir dari Gizmochina, Sabtu (29/10/2022), Analis Apple yang andal, Ming-Chi Kuo telah membagikan informasi baru tentang model iPhone 15 kelas atas.

Sesuai keterangan yang dibagikan Kuo, Apple akan memperkenalkan tombol power dan volume rocker solid-state pada iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max. Hal ini berarti bahwa Apple dilaporkan akan membuang sakelar yang dapat diklik.

Untuk membuatnya lebih sederhana, iPhone generasi saat ini memiliki desain tombol fisik/mekanis. Desain tombol solid-state mirip dengan desain tombol home pada iPhone 7, 8, dan bahkan SE 2 dan SE 3.


Tombol solid-state membuat pengguna merasa seperti menekan tombol fisik dengan menawarkan umpan balik haptic untuk mengonfirmasi penekanan. Pada kenyataannya, tombol tidak benar-benar tenggelam secara fisik.

Perubahan desain hanya diharapkan pada iPhone 15 Pro dan Pro Max. Untuk itu, smartphone akan dilengkapi dengan Taptic Engine di sisi kiri dan kanan internal.

Artinya, flagship Apple generasi berikutnya dapat hadir dengan tiga mesin taptic selain motor getaran yang ada. Melepaskan tombol daya dan volume fisik juga akan membantu menghilangkan dua titik masuk tambahan untuk air dan debu, sehingga menciptakan ponsel yang lebih tahan lama.

Kuo menambahkan bahwa OEM Android kelas atas diharapkan mengadopsi desain tombol solid-state Apple untuk menciptakan nilai jual baru dikutip dari suara.com

Sesuai laporan sebelumnya, Apple telah mematuhi undang-undang UE yang mengharuskan produsen ponsel menggunakan port USB-C. Ini berpotensi menunjukkan bahwa iPhone 15 akan membuang port petir demi koneksi USB-C. Terlepas dari itu, desain tanpa tombol dan port USB-C tampaknya menjadi sorotan utama untuk iPhone generasi berikutnya.