Kemenkes Buka Suara Soal Daftar Obat Sirup yang Diduga Mengandung Etilen Glikol

Obat-Sirup2.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Beredar daftar obat sirup yang diduga mengadung etilen glikol, senyawa berbahaya penyebab gagal ginjal akut misterius pada anak.

Kementerian Kesehatan menanggapi kabar beredarnya obat yang disebut penyebab gagal ginjal.

Menanggapi hal ini, Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr Mohammad Syahril, SpP, MPH, menyebut bahwa informasi itu tidak benar.

"Kementerian Kesehatan tidak pernah mengeluarkan daftar yang memuat nama obat dan identifikasi kandungan senyawanya sebagaimana yang saat ini banyak beredar," tuturnya dalam keterangan pada Suara.com, Rabu (19/10/2022).

"Dapat kami pastikan bahwa Informasi tersebut tidak benar," tegasnya lagi.


Beredar di media sosial, sebuah tabel yang memperlihatkan 15 daftar nama obat yang diduga tercemar. Sejumlah obat tersebut tercemar senyawa berbahaya, termasuk etilen glikol yang diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut misterius pada anak.

Syahril mengatakan saat ini, Kemenkes bersama BPOM, ahli epidemiologi, Ikatan Dokter Anak Indonesia, Farmakolog dan Puslabfor Polri,masih melakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan penyebab pasti dan faktor risiko yang menyebabkan gangguan ginjal akut.

"Saat ini Kementerian Kesehatan dan BPOM masih terus menelusuri dan meneliti secara komprehensif termasuk kemungkinan faktor risiko lainnya," tuturnya.

Sebelumnya, Kemenkes juga memabntah adanya hubungan antara gagal ginjal akut misterius dengan vaksin Covid-19.

"Tidak ada hubungan gagal ginjal akut dengan covid-19 karena penyakit ini kebanyakan menyasar pada anak usia di bawah 6 tahun dan mereka belum divaksin," ungkap dr. Syahril.

Lebih lanjut, Kemenkes menghimbau untuk tidak memberikan obat sirup atau cair apapun kepada anak, termasuk parasetamol. Imbauan ini akan terus disebarkan hingga penyebab gagal ginjal diketahui dikutip dari suara.com

"Orang tua bisa memberikan obat dalam bentuk tablet, anal atau injeksi," tambah dr. Syahril.